Waspadai Cuaca Ekstreme, Lindungi Proyek Anda Dengan Asuransi Contractors’ All Risks

Baru saja memasuki tahun 2020 kita sudah mengalami banjir besar yang mengakibatkan banyak kerugian materil yang dialami. Dinamika atmosfer saat ini menunjukan akan adanya cuaca ekstrim diberbagai belahan bumi termasuk di asia khususnya di Indonesia.

BMKG memperkirakan dalam periode sepekan ke depan potensi cuaca ekstrem dan curah hujan dengan intensitas lebat dan angina kencang dapat terjadi di beberapa wilayah di Indonesia, seperti di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan dan Papua. Hampir di seluruh wilayah di Indonesia.

Untuk itu perlu waspada dan berhati-hati. Bagi yang memiliki proyek jangan lupa untuk memastikan bahwa proyek anda sudah dijamin oleh asuransi Contractors’ All Risks (CAR). Asuransi Contractors’ All Risks ini adalah menjamin kerugian / kerusakan atas kegagalan proyek yang terjadi dalam proses pekerjaan / masa pembangunan baik pekerjaan Teknik sipil basah maupun Teknik sipil kering sebagai akibat dari semua risiko, kecuali risiko yang dikecualikan dalam pengecualian polis.

Biasa risiko yang dijamin semua risiko kecuali risiko yang dikecualikan dalam polis. Risiko yang dijamin termasuk namun tidak terbatas pada antara lain :

1. Natural catastrophe / bencana alam / act of God

2. Kebakaran, ledakan, sambaran petir dan kejatuhan pesawat

3. Pencurian

4. Tanah longsor, runtuh dan amblas

5. Tanggung jawab hukum pihak ketiga

Penentuan harga pertanggungan untuk Asuransi Contractors’ All Risks ini biasanya berdasarkan nilai kontrak, material supplied oleh principal atau owner, existing property, mesin dan peralatan kontraktor dan biaya pembersihan puing ditambah dengan biaya tanggung jawab hukum pihak ketiga yaitu 10% dari harga pertanggungan atau maksimum Rp. 1.000.000.000,-

editor: gaby yong/sharon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*