Semester I, AAUI Proyeksikan Laba Usaha Asuransi Umum Tumbuh 9%-10%

Tren positif kinerja asuransi umum di awal tahun ini diharapkan bisa berlanjut hingga tutup tahun nanti. Dengan demikian, akan turut mendorong pertumbuhan laba usaha industri asuransi umum yang lebih baik dari tahun lalu.

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Dody Achmad Sudiyar Dalimunthe mengatakan, pertumbuhan laba usaha asuransi umum pada bulan Mei 2018 sebesar 9,84% secara year on year (yoy) menjadi Rp 2,09 triliun. Pertumbuhan laba ini lebih baik ketimbang Mei 2017 yang kala itu laba asuransi umum turun 3,78%.

Perkembangan positif ini tidak terlepas dari pertumbuhan premi bruto yang mencapai 16,37% menjadi Rp 23,80 triliun. Laba juga ditopang pertumbuhan hasil underwriting yang mencapai 17,52%. Sementara, beban usaha industri meningkat 14,15%.

“Terjadi pertumbuhan beban usaha, namun tidak sebesar pertumbuhan hasil underwriting tersebut. Ini menyebabkan laba usaha asuransi meningkat positif,” kata Dody kepada Kontan.co.id, Selasa (24/7).

Dengan melihat tren yang ada, AAUI berharap, pertumbuhan laba usaha hingga realisasi semester I tahun ini bisa mencapai 9%-10%. Sedangkan sampai akhir tahun, targetnya laba usaha asuransi umum bisa tumbuh 4%-5%. “Di tahun 2018 ini, menimbang naiknya performa premi industri asuransi kami memprediksi di akhir tahun 2018 minimal laba usaha asuransi dapat tumbuh di kisaran 4% sampai 5%. Angka ini tentunya bisa lebih tinggi apabila ada perbaikan di pasar,” jelas Dody.

Kondisi ekonomi disisa tahun ini diharapkan terus membaik sehingga akan menggairahkan bisnis asuransi umum. Dus, proyeksi pertumbuhan premi bruto sebesar 10% hingga akhir tahun nanti juga bisa tercapai.

sumber: kontan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*