Sebelum Beli Asuransi Mobil, Cek 7 Kriteria Penting Ini

Mobil menjadi salah satu investasi mahal yang Anda miliki saat ini. Sebagai pemilik, Anda akan berupaya merawat mobil secara rutin agar performa mobil tetap bagus. Di samping itu, mobil Anda juga memerlukan produk asuransi untuk mempermudah proses perawatan.

Tentu saja, jangan asal memilih produk asuransi mobil yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Berhubung karena perusahaan asuransi sangat banyak, Anda perlu membandingkan fasilitas yang ditawarkan hingga bagaimana proses klaimnya.

Agar asuransi mobil yang dipilih memberi manfaat secara maksimal, cek kriteria penting sebelum membeli asuransi mobil seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Perhatikan Jejak Rekam Perusahaan Asuransi Mobil
Setiap perusahaan menawarkan keuntungan yang berbeda-beda kepada konsumen. Untuk memilih satu di antara puluhan perusahaan asuransi mobil tidaklah mudah. Namun Anda dapat mengecek jejak rekam (track record) perusahaan melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jika Anda ragu, mintalah rekomendasi dari dealer kendaraan. Tetapi, persiapkan dahulu nama perusahaan asuransi yang menjadi pilihan Anda. Apabila pedagang mobil menyebutkan dan memberikan komentar positif terkait perusahaan asuransi yang Anda pilih, perusahaan tersebut berarti dapat dipercaya.

2. Menyesuaikan Asuransi dengan Kebutuhan
Ada dua tipe perlindungan yang didapat dari perusahaan asuransi, yaitu all risk dan total lost only. Di antara keduanya, all risk lebih menguntungkan karena memberikan biaya komprehensif yang lebih besar dibandingkan total lost only.

Selain itu, all risk berlaku untuk semua jenis mobil tanpa memerhatikan umur kendaraan. Sedangkan asuransi total lost only berlaku untuk kendaraan yang berumur 15 tahun ke bawah.

Untuk mengetahui penjelasan rinci mengenai dua tipe asuransi ini, sebaiknya tanyakan langsung kepada petugas di perusahaan asuransi. (Baca Juga: Ingin Klaim Asuransi Mobil? Berikut Langkah-langkahnya!)

3. Pertimbangkan Pelayanan yang Didapat
Pada umumnya, perusahaan asuransi memiliki layanan konsumen selama 24 jam penuh. Jadi, konsumen dapat menghubungi CS (customer service) kapan saja ketika dibutuhkan. Pastikan CS bekerja dengan sepenuh hati dan memberikan pelayanan terbaik kepada Anda.

Apabila CS tidak konsisten, tidak tepat waktu, kurang ramah, dan kurang bertanggung jawab, sebaiknya laporkan kepada atasan di perusahaan. Sehingga mereka dapat memperbaiki pelayanannya di kemudian hari.

4. Hitung Kewajiban yang Dibayarkan
Kewajiban yang dimaksud adalah premi yang dibayar setiap bulan. Bandingkan harga premi di satu perusahaan dengan perusahaan lain. Tapi ingat, jangan mudah tergiur dengan harga premi yang murah. Terkadang, premi murah cenderung lebih sulit ketika diajukan klaim.

Pertimbangkan pula plafon manfaat yang didapat. Jangan sampai harga premi tidak sebanding dengan plafon manfaat yang Anda terima saat mobil mengalami kerusakan.

5. Tanyakan Bengkel Rekanan yang Tersebar
Sama seperti premi, bengkel rekanan yang terhubung ke perusahaan asuransi mobil juga berbeda di setiap perusahaan. Pastikan perusahaan asuransi memiliki bengkel rekanan yang tersebar dimana-mana, khususnya di area sekitar tempat tinggal Anda.

Ada baiknya bengkel juga sudah memiliki standarisasi yang tinggi guna mendapat layanan perbaikan yang memuaskan. Jika Anda kurang yakin dengan bengkel pilihan sendiri, Anda bisa meminta saran polis lain yang menggunakan jasa perusahaan asuransi yang sama.

6. Fasilitas Antar Jemput Mobil Pribadi
Jika mobil butuh perbaikan, Anda tidak perlu bersusah payah mengantar mobil ke bengkel rekanan perusahaan asuransi. Cukup dengan menelpon dan memberitahu posisi Anda, montir siap terjun ke lokasi. Inilah kegunaan dari fasilitas antar jemput.

Sebelum memanfaatkan fasilitas antar jemput, tanyakan apakah penggunaan fasilitas ini dikenakan biaya tambahan atau gratis. Apabila fasilitas ini berbayar, lebih baik mobil diantarkan langsung ke bengkel untuk menghemat biaya.

7. Tanyakan Fasilitas Mobil Pengganti
Selama dalam tahap perbaikan, kebanyakan perusahaan asuransi akan menawarkan fasilitas mobil pengganti. Jenis mobil pengganti bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, sehingga Anda berkesempatan untuk memilih kualitas mobil yang sama bagusnya dengan mobil yang sedang diperbaiki.

Berhubung karena fasilitas mobil pengganti tidak gratis, sebaiknya bandingkan harga mobil pengganti dengan harga mobil di jasa persewaan. Apabila harga mobil di rental lebih murah, lebih baik sewa di rental saja.

Kenali Kriteria Masing-Masing secara Detail

Sebelum membeli asuransi mobil, ketahui terlebih dahulu apa yang menjadi kebutuhan Anda. Setelah itu, kenali kriteria yang ditetapkan oleh perusahaan. Ini penting agar manfaat yang dirasakan semakin maksimal, Anda juga tidak merasa dirugikan di kemudian hari.

sumber:liputan6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*