Punya Mobil Baru, Jangan Salah Pilih Asuransi

Industri otomotif tampaknya masih menjadi salah satu sektor industri yang menjanjikan. Betapa tidak, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil di pasar wholesales pada periode Januari hingga April 2018 berhasil tumbuh 5,64 persen menjadi 394.421 unit.

Padahal di periode yang sama tahun lalu hanya mencapai 373.348 unit. Nah, industri turunan yang mendapatkan berkah dari kenaikan penjualan mobil adalah industri Asuransi Kendaraan bermotor.

Tidak dapat dipungkiri memang, kendaraan roda empat, dalam hal ini mobil sudah bukan lagi menjadi barang tersier. Tingginya mobilitas dan juga makin murahnya harga kendaraan menjadikan siapa saja bisa memiliki mobil.

Namun, jangan asal punya saja, Anda juga harus merawat dan menjaga kondisinya tetap prima. Hal itu dilakukan agar kendaraan dapat digunakan dalam kondisi apapun dan kapanpun.Lengkapi mobil Anda dengan asuransi kendaraan.

Tujuannya agar kendaraan Anda mendapatkan jaminan perawatan. Jenis polisnya pun beragam, ada all risk ataupun total lost, apapun itu, di pikiran Anda harus mulai ditanamkan asuransi perlu untuk mitigasi resiko.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa untuk biaya perawatan mobil tidaklah murah. Kocek Anda harus rela terogoh lebih dalam dari biasanya untuk memastikan semua kebutuhan kendaraan terpenuhi.

Dengan adanya Asuransi, kantong Anda tidak akan terlalu dalam terogoh, karena biaya akan ditanggung oleh pihak asuransi. Nah, berikut jenis asuransi kendaraan yang dapat dipilih, sesuaikan dengan kebutuhan Anda dan keluarga ya.

Total Lost Only (TLO)
Jenis asuransi kendaraan ini hanya memberikan pertanggungan apabila kendaraan pihak tertanggung hilang atau mengalami kerusakan minimal 75 persen hingga tidak dapat digunakan lagi. Jadi, jika kendaraan Anda mengalami kecelakaan dan kerusakan kendaraan sampai 75 persen, penanggung (perusahaan asuransi) akan membayar klaim asuransinya.

Selain itu, kehilangan akibat pencurian dan bukan penggelapan atau disebut juga total loss stolen juga menjadi tanggungan dalam asuransi jenis TLO. Bahkan, ada pula beberapa perusahaan asuransi yang memberikan layanan asuransi berupa paket, misalnya menggabungkan antara jenis TLO dengan TPL (Third Party Liability) atau pertanggungan untuk pihak ketiga. Namun, asuransi jenis ini tidak akan menanggung risiko jika kerusakan di bawah angka 75 persen.

All Risk
Jenis asuransi ini adalah tipe asuransi yang akan menjamin kerugian akibat kecelakaan besar, kecelakaan kecil, kehilangan perlengkapan tambahan dengan perusakan, dan kendaraan hilang. Semua risiko yang terjadi pada kendaraan akan menjadi tanggungan asuransi.

Bahkan, asuransi ini juga melindungi kendaraan apabila menabrak kendaraan orang lain, atau dalam istilah asuransi disebut Third Party Liability (TPL) yang juga dapat masuk dalam kategori lingkup tanggungan asuransi ini.

Memang untuk mendapatkan jenis asuransi yang lengkap, Anda harus mengeluarkan bujet lebih. Namun, dengan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi ke depannya pembayaraan premi asuransi tetap lebih murah jika dibandingkan dengan biaya perawatan tanpa asuransi.

Selain menentukan jenis asuransi, Anda juga harus melakukan beberapa hal ini untuk memastikan produk asuransi tersebut tidak bermasalah. Untuk lebih memahami tentang pentingnya asuransi kendaraan untuk mobil Anda dan ragam Artikel Financial lainnya, akses CekAja.com.

Setelah memahami jenis asuransi, Anda juga perlu untuk mengecek rekam jejak perusahaan asuransi. Hal itu penting lantaran reputasi perusahaan asuransi biasanya berkaitan dengan bagaimana cara perusahaan mengurus klaim nasabah dan sebagainya.

Selain itu, Anda juga perlu menggali informasi terkait jaringan bengkel di perusahaan asuransi yang dipilih. Perusahaan dengan jaringan bengkel di seluruh Indonesia dan tersebar luas menjadi salah satu poin plus yang perlu dipertimbangkan untuk memilih produk asuransi kendaraan.

Pentingnya asuransi di kendaraan Anda adalah untuk meringankan ongkos jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Karena seperti diketahui, barang-barang seperti mobil ataupun motor memilki biaya perawatan yang tidak sedikit.

sumber: kompas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*