PRODUK

Seiring berkembangnya zaman, banyak sekali asuransi yang beredar di Indonesia dan memiliki tanggung jawab yang sama sebagai pelindung. Asuransi UmumĀ  atau general insurance adalah sebuah program penanggulangan resiko atau kerugian yang disebabkan oleh peristiwa yang tidak pasti. Resiko-resiko yang timbul tidak bisa diduga namun setidaknya pihak asuransi sebagai pihak penanggung memberikan jaminan penggantian beruapa uang yang disebut dengan santunan pada pihak tertanggung yang mengalami peristiwa tersebut.

Perbedaan Asuransi Umum dari Asuransi Lain
Asuransi umum berbeda dengan asuransi asuransi jiwa. Jika asuransi jiwa melindungi diri Anda dan keluarga dari resiko tak terduga seperti sakit ataupun meninggal dunia, maka asuransi umum bertujuan untuk melindungi aset-aset berharga Anda seperti bangunan rumah dan isinya serta mobil sebagai kendaraan utama Anda sehari-hari. Asuransi tersebut dilindungi oleh badan yang bernama Asosiasi Asuransi Umum Indonesia atau yang lebih sering disebut dengan AAUI. Sama seperti asuransi jiwa, asuransi umum juga memberikan berbagai macam manfaat dan kelebihan.

Seperti yang tertera pada Pasal 246 Kitab Undang-undang Hukum Dagang, pengertian asuransi umum dibagi menjadi tiga yaitu:

  • Adanya Kepentingan
    Kepentingan yang dimaksud adalah pihak pertanggungan yang merupakan hal bersifat subyektif yang bisa rusak, hilang, atau berkurang nilainya karena sesuatu peristiwa yang tidak terduga menimpa. Unsur kepentingannya bersifat mutlak dan harus segera diselesaikan. Pada kondisi seperti inilah klaim asuransi umum dapat diajukan.
  • Adanya Peristiwa Tak Tentu
    Unsur peristiwa tak tentu tersebut menyebabkan kerugian secara materiil ataupun bukan. Kalim asuransi bisa diajukan jika peristiwa tak terduga tersebut tidak dilakukan secara sengaja untuk tujuan tertentu, namun murni terjadi karena kecelakaan.
  • Adanya Kerugian
    Kerugian di sini merupakan tanggung jawab pihak penanggung untuk mengganti berupa jaminan uang dengan jumlah tertentu sesuai kesepakatan yang dibuat oleh pihak penanggung dan juga pihak tertanggung. Besarnya jumlah dana ditentukan oleh besarnya program asuransi yang dipilih oleh pihak tertanggung.

Jenis produk asuransi yang dapat dimiliki calon tertanggung sesuai dengan aset atau harta benda yang dimiliki yaitu asuransi kendaraan, asuransi kebakaran, asuransi rangka kapal, asuransi alat berat, asuransi tangggung gugat, dll.