Premi Asuransi Umum Diramal Bisa Tumbuh 10%-15% Hingga Akhir Tahun

Tren pertumbuhan dua digit kinerja asuransi umum di semester pertama tahun ini diperkirakan akan berlanjut hingga akhir tahun nanti. Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) meramal pertumbuhan premi bruto masih bisa naik dua digit di kisaran 10% sampai 15%.

Wakil Ketua merangkap Ketua Bidang Statistik, Riset, Analisa dan Aktuaria AAUI Trinita Situmeang menjelaskan, kondisi ekonomi diharapkan terus membaik dengan melanjutkan kenaikan di pertengahan tahun ini yang mencapai 5,27%. Maklum saja, kondisi ekonomi sangat terkait pada pertumbuhan bisnis asuransi umum.

“Kontribusi bisnis masih akan berasal dari dua lini bisnis yakni asuransi properti dan kendaraan bermotor,” ujar Trinita saat pemaparan semester I 2018, di Jakarta, Senin (27/8).

Lebih lanjut, menurut Trinita, tingkat awarness masyarakat akan turut meningkat untuk kepedulian berasuransi. Hal ini menyusul kejadian gempa bumi yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Segmen ritel, komersial maupun industri masih menjadi sasaran yang didapat pelaku usaha.

Adapun pertumbuhan bisnis di kuartal empat nantinya akan lebih tinggi dibanding kuartal sebelumnya. Ini merupakan pola pergerakan pertumbuhan asuransi umum saban tahun. Dengan demikian, AAUI masih optimis bisa mencatat kenaikan premi hingga dobel digit sampai akhir tahun nanti.

sumber: kontan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*