Pialang Yakin Bisa Kuasai 50% Pasar Asuransi Umum

Industri pialang asuransi dan reasuransi optimistis dengan prospek bisnis di tahun ini. Pasalnya sejumlah faktor dinilai bisa makin mendorong bisnis broker.

Ketua Asosiasi Perusahaan Pialang Asuransi dan Reasuransi (Apparindo) Harry Purwanto memperkirakan di tahun lalu, sebanyak 40% dari premi yang didapat perusahaan asuransi umum bersumber dari jerih payah perusahaan pialang.

Ia yakin, di tahun ini pangsa pasar tersebut bakal kembali meningkat di tahun ini. “Kami optimistis setidaknya di 2018 ini pangsa pasar bisa menyentuh 50%,” kata dia baru-baru ini.

Salah satu pendorongnya, kata Harry adalah prospek ekonomi yang lebih baik dibanding tahun lalu. Hal ini diyakini akan mendorong ekspansi pelaku bisnis di sejumlah sektor. Tentunya ekspansi ini bakal meningkatkan kebutuhan proteksi sejalan dengan bertambahnya aset.

Selama ini calon nasabah dari kalangan korporat memang menjadi sumber bisnis utama bagi pelaku jasa pialang asuransi. Meski dalam beberapa waktu ke belakang ia menyebut ada beberapa pemain yang mulai melebarkan sayap ke pasar ritel.

Di sisi lain, pertumbuhan bisnis asuransi umum di tahun ini pun diramal bisa lebih cerah ketimbang 2017. Tentunya ini juga jadi peluang bagi perusahaan pialang untuk bisa mengembangkan bisnisnya.

sumber: kontan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*