Dok. Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) - Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) OJK Riswinandi. Tekan pendapatan, OJK akan buat regulasi mengenai engineering fee

Peran Asuransi Umum Saat Bencana dibahas di 24th Indonesia Rendezvous

Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) kembali menyelenggarakan acara berskala internasional, 24th Indonesia Rendezvous (IR), pada 24 – 27 Oktober 2018 di Bali Nusa Convention Centre (BNDCC), Nusa Dua, Bali.

Dalam gelaran yang melibatkan lebih dari 450 peserta dari 13 negara dari berbagai perusahaan asuransi, broker maupun reasuransi itu, mengambil tema ‘From Potential to Reality, 2019 and Beyond’. Peserta datang dari Korea, Jepang, Singapura, Malaysia, Thailand hingga Inggris.

Ketua Bidang Hubungan Internasional AAUI Adi Pramana menjelaskan, pihaknya ingin industri asuransi umum lebih mengambil peranan dalam menyejahterakan masyarakat, mengurangi beban keuangan pemerintah dalam mengatasi bencana, dan lebih memajukan perekonomian bangsa.

“Oleh karena itulah kami dari asosiasi, didukung penuh oleh pemerintah Indonesia serta para pelaku industri baik dalam dan luar negeri, ingin memberikan pandangan yang seluas-luasnya terhadap apa yang saat ini terjadi dan bagaimana industri asuransi umum dapat berkontribusi lebih besar lagi di tahun 2019 dan seterusnya,” katanya dikutip dari siaran pers pada Rabu (24/10/2018).

Ketua Panitia Indonesia Rendezvous 2018 Rismauli Silaban mengatakan, tujuan penyelenggaraan ini untuk memberikan pandangan bagi pelaku bisnis industri asuransi umum yang datang dari berbagai negara agar dapat merefleksikan diri dengan menggali berbagai potensi maupun menciptakan kesempatan baik dari dalam maupun dari lingkungan industri asuransi.

“Melalui acara yang kami ramu selama 3 hari ini, berharap dapat memberikan
hints atau petunjuk untuk menghadapi realitas di tahun 2019 dan kedepannya,” imbuhnya.

Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non-Bank OJK Riswinandi dijadwalkan akan memberikan keynote-speech sekaligus membuka acara IR secara resmi pada Kamis (25/10/2018).

Turut hadir para panelis dari dalam dan luar negeri yang berpengalaman dan ahli di bidang ekonomi nasional maupun global, konsultan, praktisi asuransi dan tentunya regulator Indonesia.

Rangkaian kegiatan IR tahun ini akan dibuka dengan gala dinner sebagai penanda selamat datang kepada para peserta yang digelar Rabu (24/10/2018). Dilanjutkan pada Kamis (25/10/2018) dengan opening ceremony, lalu dilanjutkan diskusi panel dengan tema Actualizing Positive Environment. Adapun pada Jumat (26/10/2018), diskusi panel akan mengangkat tema Improvements from Within.

Berikut adalah daftar panelis IR 24th:

Diskusi Panel Pertama “Actualizing Positive Environment” (Kamis, 25/10/2018):
Moderator: Ms. Widyawati, Director Asuransi Wahana Tata
1. Indonesian Economy Outlook, Bank Indonesia.
2. Global vs Indonesian Insurance Industry Developments and Potentials, Mr. James
Vickers, Chairman for Willis Re International
3. Increasing Awareness & Penetration A Case Study, Prof. Yeon HUR, Advisor of General Insurance Association of Korea
4. Increasing Transparency to Gain Consumer Trust, Mr. Harun Kannan Rajagopal, Director of Assurance, Ernst & Young.

Panel Diskusi Kedua “Improvements from Within” (Jumat, 26/10/2018)
Moderator: Mr. Robert Pek, Director PT Asuransi Raksa Pratikara
1. Regulator’s Point of View, Mr. Ahmad Nasrullah dari Otoritas Jasa Keuangan Indonesia
2. Managing and Capitalizing on Customer Complaints, Ms Inggit Primadevi, Associate Director, The Nielsen Company Indonesia
3. Escalate Branding, Ms Anne Mutia Ridwan, CEO at Ogilvy Group Indonesia
4. Delivering Promises: Claims Testimony, Mr. Abitani Taim, Department Head of Product Development of AAUI.

IR 24th didukung sepenuhnya oleh PT Reasuransi Indonesia Utama (persero) atau Indonesia Re, PT Reasuransi Nusantara Makmur atau Nusantara Re, PT Reasuransi Nasional Indonesia atau Nasional Re, PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk atau Tugu Insurance, Asuransi Astra Buana, Asuransi Tri Pakarta, Asuransi Askrindo, Adira Insurance, AON Benefield Indonesia, Asuransi MSIG Indonesia, Tugu Reasuransi Indonesia, Reasuransi Maipark Indonesia, Asuransi Jasa Indonesia, PT Asuransi Ramayana Tbk, AIG Insurance Indonesia, Asuransi Wahana Tata, LLOYD’S Asia, Asuransi Bumiputera Muda, Asuransi Asei Indonesia, Maskapai Reasuransi Indonesia, Asuransi Tokio Marine Indonesia, Asuransi Bina Dana Artha, Sompo Insurance Indonesia, Guy Carpenter & Company Private Limited, McLarens Indonesia, Asuransi Raksa Praktikara, RKH Speciality Asia Pacific Pte. Ltd., PT Jasa Cipta Rembaka, dan Indonesia Eximbank.

sumber: bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*