Pentingnya Punya Asuransi Properti, untuk Antisipasi Kerugian Banjir

Kerugian akibat bencana bisa dijadikan sebagai pelajaran oleh setiap masyarakat untuk lebih melakukan antisipasi. Tentunya antisipasi sebelum bencana terjadi guna minimalisir nilai kerugian yang akan diemban nantinya.

“Bahwa asuransi ini sebagai bentuk mitigasi risiko untuk mengurangi kerugian finansial jika asetnya itu mengalami kerugian akibat resiko yang dijamin dalam polis,” tutur Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Dody Dalimunthe kepada Okezone, Kamis (2/1/2020).

Menurut Dody, bencana yang terjadi dapat membuat masyarakat terbuka matanya untuk kemudian menyadari pentingnya memiliki asuransi sebagai alat antisipasi pra bencana.

“Jadi kami sih melihat dari kejadian kayak dulu gempa, orang memang malas untuk mengasuransikan rumahnya, tetapi begitu ada kejadian gempa, minimal yang gak kena gempa itu dia waswas sehingga kemudian dia mau membeli asuransi,” kata Dody.

Dody menilai pengalaman masyarakat menghadapi bencana juga membuat asuransi terasa penting untuk dimiliki. Hal ini di nilainya bertujuan untuk mengurangi kerugian finansial yang tertuai dari terjadinya bencana.

“Apalagi sudah kena gempa, maka dia pasti akan beli asuransi, supaya dia gak terulang lagi kejadian yang akan merugikan finansialnya dia,” tambahnya.

Tak hanya itu, asuransi dinilai Dody sebagai upaya nyata manajemen resiko. Hal ini berkaitan dengan cara masyarakat untuk siap menghadapi bencana dan segala kerugian yang terjadi setelahnya. “Ini bentuk mitigasi risiko untuk bisa melakukan manajemen risiko yang baik terhadap kerugian finansial bagi masyarakat,” tutup Dody.

sumber: okezone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*