Mengapa Saya Harus Membeli Asuransi Apartemen? Apa Saja Keuntungannya?

Apartemen sudah menjadi salah satu pilihan tempat tinggal bagi masyarakat perkotaan belakangan ini.

Tingginya harga rumah ditengah kota, kemacetan dan kesibukan di kota besar membuat beberapa keluarga lebih memilih untuk tinggal di apartemen dibandingkan di sebuah rumah yang jauh dari perkotaan.

Oleh karena itu, asuransi apartemen yang berfungsi untuk melindungi apartemen jika terjadi risiko atau musibah menjadi salah satu yang juga penting untuk dimiliki.

Memiliki Sebuah Apartemen Menguntungkan
Memang pada umumnya alasan yang paling sering digunakan oleh masyarakat untuk mengincar apartemen tidak lain adalah agar lebih dekat dengan tempat beraktivitas sehari-hari, contohnya seperti ke kantor.

Mengingat apartemen sendiri biasanya dibangun di pusat kota, dengan lokasi yang memang mudah untuk mengakses berbagai fasilitas umum.

Tidak sedikit pula hunian apartemen yang berdiri di kawasan superblok, dimana di dalamnya terdiri atas apartemen, perkantoran, pusat perbelanjaan dan masih banyak lagi.

Lokasi yang semacam ini dinilai semakin mendukung keinginan masyarakat dalam memilih untuk tinggal di apartemen, khususnya masyarakat perkotaan dengan tingkat mobilitas yang tinggi.

Sebenarnya sama dengan memiliki sebuah rumah, membeli apartemen juga memberikan keuntungan tersendiri bagi Anda. Salah satunya adalah lokasi dibangunnya apartemen.

Pada umumnya, apartemen berada dalam lokasi yang sangat strategis, yakni di pusat perkotaan.

Oleh karena, itu dengan tinggal di apartemen akan menunjang akses, yang menjadi lebih mudah sekaligus cepat. Ini adalah solusi khusus bagi Anda yang memiliki tingkat mobilitas tinggi.

Apartemen juga dibangun dengan berbagai macam fasilitas. Dapat dikatakan bahwa fasilitas yang ada di dalam unit apartemen lebih lengkap jika dibanding dengan rumah. Berbagai macam fasilitas dari unit apartemen tersebut sengaja dihadirkan dalam rangka memanjakan Anda sebagai penghuni.

Adapun beberapa fasilitas standar yang umumnya diberikan pengelola apartemen diantaranya adalah kolam renang, lapangan tenis, tempat sauna atau spa, pusat kebugaran dan lain-lain.

Memilih untuk tinggal di unit apartemen juga membuat aktivitas harian Anda terasa mudah dan praktis. Anda tidak perlu lagi memusingkan masalah pemeliharaan gedung maupun dari tingkat kebersihannya.

Itu merupakan tanggung jawab bagi pihak pengelola gedung, sedangkan Anda sebagai penghuni hanya perlu membayar secara rutin iuran dengan besaran yang memang sudah ditetapkan sebelumnya di setiap bulan.

Apartemen Membutuhkan Asuransi
Pada prinsipnya, perhimpunan penghuni pada setiap rumah susun atau apartemen diwajibkan untuk mengasuransikan rumah susun atau apartemen tersebut terhadap kebakaran.

Hal ini dapat dilihat pada ketentuan Pasal 70 Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 1988 tentang Rumah Susun (“PP No. 4/1988”).

Kemudian, terdapat juga kewajiban bagi setiap penghuni untuk membayar premi asuransi kebakaran sebagaimana yang diatur dalam Pasal 61 ayat (2) huruf b PP No. 4/1988.

Berikut kami kutip ketentuan Pasal 70 dan Pasal 61 ayat (2) huruf b PP No. 4/1988 sebagai berikut:

Pasal 70 PP No. 4/1988:

“Perhimpunan Penghuni harus mengasuransikan rumah susun terhadap kebakaran.”

Pasal 61 ayat (2) huruf b PP No. 4/1988:

“Setiap penghuni berkewajiban:

Mematuhi dan melaksanakan peraturan tata tertib dalam rumah susun dan lingkungannya sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga;
Membayar iuran pengelolaan dan premi asuransi kebakaran;
Memelihara rumah susun dan lingkungannya termasuk bagian bersama, benda bersama, dan tanah bersama.”

Namun, terlepas dari pengaturan tersebut, tentunya Anda secara pribadi dapat juga mengajukan asuransi ke perusahaan asuransi untuk melindungi unit apartemen yang Anda miliki.

Terdapat bermacam-macam produk asuransi yang dapat Anda gunakan untuk melindungi unit apartemen yang Anda miliki tersebut, seperti jaminan kebakaran, kerusuhan, huru-hara, terorisme dan sabotase, gempa bumi, banjir.

Pada dasarnya sebagai salah satu pemilik unit apartemen Anda juga membutuhkan perlindungan yang lebih spesifik, perlindungan yang tidak ter-cover dalam asuransi wajib tersebut.

Pentingnya Asuransi Untuk Apartemen
Untuk Anda yang masih ragu mengasuransikan apartemen atau properti yang Anda miliki, berikut ini ada beberapa alasan pentingnya mengajukan asuransi apartemen:

Asuransi Membantu Pasca Bencana
Apabila rumah atau apartemen Anda tak dapat ditempati, maka asuransi akan menawarkan rumah sementara sebagai tempat tinggal.

Disamping itu, asuransi pun memberikan penggantian biaya setelah musibah yang dapat terjadi, misalnya biaya pembersihan terhadap puing-puing, biaya surveyor atau biaya arsitek yang membangun gedung kembali.

Melindungi Terhadap Bencana Alam

Seperti kita ketahui, Indonesia merupakan Negara yang rawan bencana.

Dengan menggunakan asuransi properti atau apartemen ini tentunya mampu melindungi apartemen terhadap musibah dari bencana alam.

Misalnya saja kebakaran, banjir, gempa dan pemilik dari asuransi pun memperoleh ganti rugi berdasarkan finansial sesuai asuransi yang telah dimilikinya.

ASRI adalah produk asuransi properti dari ACA yang menjamin risiko:

  • Kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat, asap,
  • Kerusuhan dan huru-hara,
  • Pencurian dengan kekerasan (kebongkaran),
  • Tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga,
  • Biaya arsitek, surveyor, dan konsultan,
  • Kerusakan yang disengaja dalam upaya pencegahan menjalarnya kebakaran,
  • Biaya pemadam kebakaran,
  • Akibat tertabrak kendaraan, dan
  • Pembersihan puing-puing.

Adapun jaminan perluasan dari produk ini adalah:

Angin topan, badai, banjir dan kerusakan akibat air
Gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapi, dan tanah longsor

Dari informasi yang saya dapatkan, ASRI dapat menjamin isi apartemen milik Anda, tanpa perlu mengasuransikan bangunannya.

sumber: finansialku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*