Masalah-Masalah Yang Kerap Dialami Mobil Berusia Lima Tahun

Kondisi mobil lama, khususnya yang sudah berusia di atas lima tahun, tentu cenderung sudah menurun. Ini hal wajar, sebab kualitas komponennya sudah termakan waktu. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pemilik mobil lawas, atau Anda yang sedang mencari mobil berusia di atas lima tahun.

Oli mesin merembes

Mesin mobil yang sudah berusia lima tahun tentu sudah tidak sesempurna atau sehalus mesin baru, terutama jika gaya pengendaranya agak ekstrem dan sering mengebut. Yang kerap terjadi adalah oli mesin yang bocor. Jika kebocoran terjadi pada sistem pelumasan, tentu volume oli akan berkurang.

Semakin sedikit oli sebagai pelumas, bagian-bagian mesin akan semakin rentan rusak. Jika ini dibiarkan, maka akan terjadi kerusakan yang lebih besar. Selain itu, tetesan oli yang keluar dari mobil juga jadi berbahaya bagi pengguna jalan lain, karena membuat permukaan jalan menjadi licin.

Kaki-kaki bermasalah

Bagian kaki-kaki, seperti tie rod end, long tie rod, shock absorber, ban, dan velg juga bisa bermasalah jika gaya pengendara agak ekstrem. Selama perjalanan hingga 5 tahun, bagian inilah yang bersentuhan langsung dengan aspal dan menahan beban yang cukup berat. Mengingat kondisi jalanan di Indonesia tidak semuanya ideal, kaki-kaki harus sering diperiksa.

Gejala rusaknya kaki-kaki mobil bervariasi, dari setir bergetar, mobil lari ke kanan-kiri saat berjalan, atau ada bunyi-bunyi mengganggu saat setir dibelokkan.

Masalah kelistrikan

Mesin mobil susah nyala? AC tidak dingin? Lampu sering mati? Bisa jadi mobil Anda memiliki masalah kelistrikan. Ada berbagai penyebab, misalnya tegangan arus listrik aki yang kurang atau bahkan telah habis, terminal aki yang berkarat atau kotor dan kendor, injektor bahan bakar bermasalah, jarak antara kepala busi dan sumbu busi terlalu renggang, atau kompresi mesin yang terlalu rendah.

Masalah transmisi

Transmisi manual atau otomatis, semua ada sisi positif dan negatifnya. Namun setelah lima tahun, keduanya sama-sama perlu lebih diperhatikan.

Salah satu gejala transmisi bermasalah adalah respons kendaraan yang lambat, suara aneh saat mengganti gigi pada mobil manual, susah pindah gigi, cairan transmisi yang bocor pada mobil matic, hingga yang tergolong berbahaya seperti pemindahan gear transmisi yang slip, menyebabkan transmisi jadi normal saat mobil sedang berada dalam kecepatan tinggi.

Karet-karet getas

Saat usia lebih dari lima tahun, bagian karet pada mobil biasanya sudah getas (kehilangan sifat elastisnya). Komponen yang satu ini kerap terlupakan oleh sebagian pemilik mobil, karena wujudnya yang tersembunyi. Masalahnya, karet tersebar di hampir setiap bagian mobil.

Fungsinya pun relatif krusial, bahkan bisa memengaruhi banyak hal. Dari kaca mobil yang sulit dibuka, kabin bocor ketika hujan, hingga tingkat kedap suara yang berkurang, semuanya bisa disebabkan karet yang getas karena cuaca dan waktu.

Bagi pengincar mobil bekas, kendaraan yang usianya di atas lima tahun memiliki daya tarik tersendiri. Harganya juga murah dibanding mobil baru sejenis yang ada di pasaran. Pemilik mobil yang berusia di atas lima tahun juga mungkin ogah ganti baru karena berbagai alasan.

Namun, ketika mobil tua digunakan untuk pemakaian sehari-hari, maka mobil tersebut sangat disarankan memiliki perlindungan tambahan seperti asuransi sebagai bentuk antisipasi dari kecelakaan lalu lintas.

Kendalanya adalah usia batas kendaraan. Pasalnya, pihak asuransi membatasi usia kendaraan lawas yang ditanggung maksimal 9 tahun, khususnya untuk asuransi comprehensive.

Harga mobil tua akan mengalami depresiasi dari harga pembelian awal. Selain itu, penurunan nilai aset dari hari ke hari atas usia produksi, membuat harga jual barang akan jauh dari nilai jual awal. Maka pihak asuransi akan mempertimbangkan persetujuan klaim untuk masuk ke tahap comprehensive.

sumber: beritagar

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*