Kuartal III 2019, Premi Asuransi Umum Capai Rp 57,9 Triliun

Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) melaporkan kenaikan premi pada kuartal III sebesar Rp 57,9 triliun atau 20,9 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2018.

Ada tiga lini bisnis yang mengalami kenaikan premi, yaitu asuransi kendaraan bermotor, kredit dan properti.

“Asuransi kredit mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu sebesar 2,6 triliun atau setara dengan kenaikan 95,6 persen” ucap Ketua Bidang Statistik, Riset, Analisa dan Aktuaria AAUI Trinita Situmeang di Jakarta, Senin (18/11/2019).

Pertumbuhan premi terbesar didorong lini bisnis asuransi kredit mencapai 104 persen dari Rp 4,6 triliun pada kuartal III-2018 menjadi Rp 9,4 triliun pada kuartal III-2019.

Hampir seluruh lini bisnis mencatatkan pertumbuhan positif pada periode ini, kecuali asuransi energi offshore dan tanggung gugat yang mencatatkan pertumbuhan negatif di semester ini dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Adapun sejalan dengan peningkatan pencatatan premi, klaim yang dibayar juga mengalami peningkatan sebesar 28,8 persen.

Pangsa pasar premi asuransi umum masih didominasi oleh dua lini usaha terbesar, yaitu asuransi harta benda dan asuransi kendaraan bermotor dengan total kontribusi 50 persen.

Rasio klaim dibayar terhadap premi selama kuartal III tahun 2019 meningkat sebesar 44,6 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

sumber: kompas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*