Kinerja Asuransi Umum Kinclong pada Awal 2018

Industri asuransi umum lebih bergeliat pada awal tahun ini. Hal ini terlihat dari pertumbuhan premi yang cukup signifikan.

Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat, per Februari 2018, industri asuransi umum membukukan premi bruto sebesar Rp 9,67 triliun. Jumlah ini naik 18,89% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yakni Rp 8,13 triliun.

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Dody AS Dalimunthe menyebut, kondisi bisnis pada awal tahun ini memang terbilang melaju lebih kencang dibandingkan kondisi awal 2017 yang terbilang lesu.

Hal ini bisa dilihat dari realisasi premi pada Februari tahun lalu, yang turun 9,6% dari realisasi pada periode yang sama tahun 2016.

Menurut Dody, berbagirahnya bisnis asuransi umum pada awal tahun ini seiring dengan lebih baiknya kondisi pasar otomotif. Bisnis kendaraan roda empat hingga Februari ini dinilai mengalami pertumbuhan bagus.

Kondisi serupa juga terjadi di pasar properti yang menunjukan perbaikan. “Jadi menurut saya bisa ditarik indikasi bahwa dua lini bisnis terbesar sedang tumbuh dengan baik,” katanya, Senin (9/4).

sumber: kontan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*