Jangan Salah, Ini Perbedaan Asuransi Mobil Total Loss Only dengan Komprehensif

Semakin tinggi pengguna kendaraan bermotor membuat risiko terhadap hal-hal yang tak diinginkan saat berkendara cukup besar. Menyadari hal ini, banyak masyarakat melindungi kendaraan dengan asuransi.

Asuransi dinilai mampu meringankan beban saat terjadi tabrakan, menjadi korban perbuatan jahat, pencurian hingga kebakaran.

Pada umumnya terdapat dua jenis perlindungan asuransi pada mobil yang perlu diketahui, yakni perlindungan Total Loss Only (TLO) dan Komprehensif.

Namun masih banyak pemilik mobil belum bisa membedakan secara jelas perbedaan antara perlindungan TLO dengan Komprehensif.

Tak sedikit orang masih salah menggunakan istilah perlindungan ‘all risk’ dimana pelanggan mengira jenis perlindungan ini sudah dapat memberikan perlindungan dari segala risiko.

Padahal, istilah ‘all risk’ pada asuransi adalah kurang tepat, dimana perlindungan tidak mengcover semua kejadian. Perlindungan komprehensif memberikan jaminan untuk jenis kerusakan ringan, rusak berat hingga kehilangan.

Contohnya jika mobil terserempet oleh angkutan umum, kerusakannya minor yang membuat mobil kurang nyaman untuk dipandang. Dalam kasus ini, klaim bisa dilakukan apabila asuransi yang dimiliki ialah asuransi komprehensif.

 

Asuransi TLO
Bila mobil digunakan untuk alat transportasi sehari-hari, maka pilihan asuransi komprehensif bisa menjadi pertimbangan.

Sedangkan asuransi Total Loss Only (TLO) akan mencover biaya perbaikan untuk kerugian yang terjadi. Nilainya sama atau lebih dari 75 persen dari harga kendaraan sesaat sebelum kerugian.

Asuransi ini juga menjamin kerugian apabila kendaraan hilang karena dicuri. Namun, jika terjadi kerusakan ringan maka pihak asuransi tidak dapat menanggung kerusakan ringan tersebut.

Jenis Perlindungan Berbeda
SVP Communication & Customer Service Management, L. Iwan Pranoto mengatakan, kedua jenis perlindungan sangat berbeda.

Asuransi Komprehensif menanggung kerugian akibat kerusakan sebagian (partial loss) hingga kerusakan dan kehilangan total (total loss).

“Ini artinya bentuk kerugian kecil, kerugian besar, hingga hilang karena pencurian bisa dicover. Jika tertanggung mengambil asuransi komprehensif, mobil tergores sedikit pun dapat kami cover. Agar perlindungan terhadap mobil lebih optimal, pelanggan bisa menambahkan perluasan jaminan dalam polis asuransi.” kata Iwan.

sumber: liputan6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*