Ini Alasan Logis Kenapa Rumah Anda Perlu Disempurnakan Dengan Asuransi Properti

Selain melindungi diri Anda dan keluarga dengan produk asuransi, Anda juga perlu melindungi aset rumah Anda dengan asuransi properti.

Asuransi Properti, Pentingkah?
Dalam artikel kali ini, saya akan membahas tentang salah satu produk keuangan yang seringkali disepelekan oleh keluarga di Indonesia. Produk apa itu? Ya, seperti judulnya, kali ini saya akan bahas tentang asuransi properti.

Sebelum mulai pembahasan, saya ingin tanya dulu nih, apakah Anda sudah pernah dengar tentang produk asuransi properti sebelumnya?

Asuransi properti basically sama saja dengan produk asuransi lainnya, yakni memberikan perlindungan terhadap properti kita dari risiko-risiko yang tidak diinginkan.

Asuransi properti dibagi ke dalam dua jenis, yaitu asuransi rumah tinggal dan asuransi rumah kantor/bisnis. Nah, di pembahasan kali ini, kita bakal bahas tentang asuransi rumah tinggal.

Apa itu definisi mengenai asuransi rumah tinggal? Asuransi rumah tinggal merupakan produk keuangan yang memberikan perlindungan terhadap kerugian akibat terjadinya tindak pencurian, kebakaran, ataupun kerusakan yang ditimbulkan oleh bencana alam.

Dengan memiliki asuransi rumah tinggal, segala bentuk risiko kerugian yang muncul akibat hal-hal yang tadi disebutkan, akan ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi.

Dengan demikian, Anda bisa merasa tenang dan nyaman karena aset Anda memiliki perlindungan finansial yang bisa menghindarkan Anda dari rasa khawatir akan hal-hal tersebut.

Ingat ‘kan tiga kebutuhan utama manusia? Sandang, pangan, dan papan. Tak bisa dipungkiri lagi, papan atau tempat tinggal merupakan kebutuhan primer bagi manusia.

Namun realitanya, masih banyak keluarga Indonesia yang menyepelekan asuransi rumah tinggal. Padahal, asuransi rumah bisa meminimalisasi kerugian finansial ketika musibah menimpa kita.

Bagi Anda yang belum punya rumah sendiri, tetap simak pembahasan ini sampai habis ya! Pembahasan di bawah ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk Anda membeli asuransi properti ketika sudah punya rumah nanti.

7 Alasan Logis Kenapa Asuransi Properti Penting Bagi Anda!
Bagi Anda yang masih bertanya-tanya, kenapa sih rumah perlu disempurnakan dengan asuransi? Yuk kita simak 7 alasan logis di bawah ini!

#1 Mendapat Perlindungan atas Bangunan dan Isinya
Asuransi rumah tinggal tidak sekadar berbicara tentang kerugian yang mungkin diakibatkan oleh bangunan fisik saja, tapi juga perlindungan terhadap isi rumah.

Isi rumah di sini termasuk furniture serta harta yang ada di dalam rumah. Coba bayangkan apabila terjadi peristiwa kebakaran serta banjir yang bisa saja merusak dan melenyapkan harta yang ada di dalam rumah kita.

Dengan asuransi, harta benda Anda di dalam rumah akan dijamin. Nantinya Anda akan diberikan uang pengganti sebesar kerugian yang harus Anda tanggung.

#2 Aman dari Kerugian yang Disebabkan oleh Bencana Alam
Bencana alam adalah sesuatu peristiwa yang tidak bisa diprediksi dan dihindari. Namun, Anda selalu bisa mengantisipasi kerugian yang disebabkan oleh bencana alam tersebut.

Semakin cepat Anda mempersiapkan hal ini, semakin siap Anda jika musibah tiba-tiba terjadi.

Jika rumah Anda berada di lokasi rawan banjir atau rawan longsor, Anda tentu harus lebih aktif melakukan tindakan preventif kalau-kalau musibah tersebut akan menimpa Anda.

Meskipun musibah yang datang tak merusak seluruh struktur bangunan, dengan asuransi, Anda dapat memperoleh penggantian biaya cat untuk memperbaiki beberapa area cat yang terkelupas.

Selain terhindar dari kerugian bencana alam seperti banjir, badai, angin topan, serta tanah longsor, Anda juga bisa mendapat perluasan jaminan risiko. Di antaranya jaminan terhadap kerusuhan, huru-hara, kerusakan akibat perbuatan jahat, ataupun pemogokan.

#3 Terhindar dari Kerugian yang Disebabkan oleh Kebakaran
Tiada satupun orang yang ingin tertimpa musibah kebakaran rumah. Tapi, ketika suratan takdir berkata lain, Anda mau bilang apa?

Maka dari itu, upaya terbaik yang dapat Anda lakukan adalah memiliki asuransi untuk meminimalisasi kerugian finansial yang bisa menggoncang kondisi keuangan Anda.

Anda akan mendapat perlindungan dari segala kerugian atas harta tetap maupun bergerak yang terserang oleh bencana kebakaran baik secara sengaja maupun tidak sengaja.

Berikut ini penyebab-penyebab kebakaran yang di-cover oleh pihak asuransi:

Api sendiri atau faktor eksternal
Tersambar petir
Ledakan aset usaha (kecuali bom nuklir)
Kejatuhan pesawat terbang
Asap dari seluruh aset usaha

Jika seluruh struktur bangunan rusak parah, pihak asuransi akan memberikan biaya pembangunan ulang.

Ditambah lagi, Anda bisa memilih arsitek yang bisa mendesain ulang rumah sesuai keinginan. Tentunya, ini juga sudah ditanggung oleh pihak asuransi.

#4 Menjaga Nilai Rumah Tetap Stabil
Rumah merupakan aset investasi yang paling menjanjikan untuk setiap orang. Untuk itu, kerusakan atas bencana alam ditakutkan akan membuat harga rumah anjlok.

Namun, jangan khawatir. Dengan memiliki asuransi properti, nilai rumah Anda akan tetap stabil.

Renovasi atau perbaikan dengan biaya yang ditanggung oleh pihak asuransi setelah terjadi bencana bisa membuat kondisi rumah Anda kembali bagus. Bukannya turun, justru nilai rumah akan semakin meningkat.

#5 Meminimalisasi Kerugian Finansial dari Aksi Pencurian
Manfaat lain dari asuransi properti yang bisa Anda dapatkan adalah terlindunginya rumah dari tindak perampokan atau pencurian. Pihak asuransi akan melindungi hunian Anda bila terjadi perampokan.

Apabila benda-benda Anda hilang, pihak asuransi akan menghitung berapa kerugian nilai harta yang hilang untuk menggantinya. Supaya harta benda Anda yang hilang mendapatkan penggantian, catat seluruh barang yang hilang setelah terjadinya pencurian.

#6 Salah Satu Syarat Mengajukan Pinjaman Uang
Apabila Anda ingin mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan, Anda dapat mempertimbangkan untuk memiliki asuransi properti.

Pasalnya, ada beberapa lembaga keuangan yang memberi syarat untuk debiturnya memiliki asuransi properti terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman.

Lembaga keuangan ingin pinjaman yang Anda ajukan dapat segera dilunasi dan rumah tinggal yang dimiliki terbebas dari risiko bencana maupun kebakaran.

#7 Terhindar dari Risiko Tuntutan Hukum
Saat terjadi musibah, mungkin bangunan rumah Anda rusak atau hancur. Tapi, tak menutup kemungkinan bahwa ada manusia yang mengalami luka akibat musibah tersebut.

Perlindungan asuransi properti tak sekadar melindungi kondisi fisik rumah saja. Namun, Anda juga terlindung dari risiko tuntutan hukum apabila ada orang lain yang mengalami luka akibat bencana atau kebakaran yang terjadi pada rumah Anda.

sumber: finansialku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*