ISTILAH ASURANSI

Banyak istilah dalam dunia asuransi yang belum banyak diketahui banyak orang, terutama bagi yang ingin mengambil asuransi umum. Ada sejumlah istilah dalam asuransi yang menggunakan bahasa Inggris. Ada juga yang memakai kata serapan.

Semua istilah dalam asuransi bisa diketahui dalam buku pegangan yang diberikan penyedia/perusahaan asuransi kepada pemegang polis. Bagi Anda yang belum banyak mengetahui atau tidak punya waktu yang cukup untuk mempelajari polis, berikut ini kami ulas beberapa istilah dalam asuransi beserta definisinya.

Bancassurance Produk asuransi yang ditawarkan dan dijual melalui bank dan yang menjadi sasaran adalah nasabah bank.
Endorsemen Surat (dokumen) yang menyatakan perubahan terhadap beberapa data dalam Polis yang telah diterbitkan, disebut juga sebagai Addendum Polis.
Excess Claim Kelebihan batas maksimal jaminan sesuai yang telah ditentukan dalam Polis.
Exclusion (Pengecualian) Kerugian-kerugian yang tidak ditanggung oleh perusahaan Asuransi.
Grace Period (masa tenggang) Jangka waktu setelah berakhirnya masa jatuh tanggal pembayaran Premi di mana pembayaran Premi masih bisa dilakukan tanpa dikenakan bunga. Selama jangka waktu ini, Polis masih dianggap berlaku.
Klaim Sejumlah uang yang harus dibayarkan oleh Penanggung kepada Tertanggung apabila terjadi resiko yang dipertanggungkan.
Premi Sejumlah uang yang tercantum dalam Polis yang wajib dibayar oleh Pemegang Polis kepada Penanggung tepat pada waktunya sesuai Polis.
Polis / Policy Akte atau dokumen yang dikeluarkan oleh Penanggung yang berisi ketentuan Manfaat asuransi serta tata cara memperoleh manfaat tersebut, mengatur hak dan kewajiban Pemegang Polis dan Penanggung secara timbal balik serta Ketentuan Umum dan khusus.
Underwriting Proses penaksiran/penilaian dan penggolongan derajad risiko yang terkait pada calon Tertanggung, serta pembuatan keputusan untuk menerima atau menolak risiko tersebut.
Reinsurance Usaha yang dilakukan perusahaan asuransi untuk memproteksi dirinya dengan melimpahkan risiko asuransi ke perusahaan asuransi lain.
Uang Pertanggungan Jumlah uang yang harus dibayarkan perusahaan asuransi kalau terjadi klaim dari pemegang polis atas risiko yang dijamin dalam program asuransi.
Underwriter Seseorang yang memiliki keahlian dalam menilai atau meninjau berbagai resiko pemegang polis sehingga menentukan calon nasabah berhak menerima asuransi atau tidak.