Bisakah Mobil yang Sudah Dimodifikasi Masuk Asuransi?

Beberapa orang ada yang memilih untuk memodifikasi mobilnya sedemikian rupa. Misalnya dari bentuk, mesin, bahkan spare part yang secara tampilan lebih eye catching. Namun apakah mobil baru yang sudah dimodifikasi bisa masuk asuransi?

Keputusan untuk memodifikasi sehingga mengganggu fungsi asli dari bagian tertentu mobil, bisa membahayakan pengendara maupun lingkungan sekitarnya. Sudut pandang itu bisa digunakan perusahaan asuransi untuk menolak klaim yang diajukan lho.

Selain modifikasi mobil, ada juga sejumlah hal yang membuat klaim asuransi Anda ditolak perusahaan.

Berikut ini beberapa hal yang membuat klaim asuransi mobil Anda ditolak perusahaan.
1. Tidak punya SIM
Mengemudi tanpa mengantongi SIM dinilai membahayakan orang lain bagi perusahaan asuransi. Selain itu, orang yang mengemudi mobil tanpa SIM sudah masuk kategori melanggar hukum yang otomatis klaimnya ditolak perusahaan asuransi.

2. Melanggar lalu lintas
Perusahaan asuransi juga bisa menolak klaim dengan alasan pemegang polis mengemudi mobil secara ugal-ugalan. Sudah kena tilang polisi, mobil yang rusak pun bisa ditolak perusahaan asuransi jika melanggar lalu lintas.

3. Mengemudi sambil mabuk
Mengemudi mobil dalam keadaan mabuk jelas melanggar hukum karena meningkatkan risiko kecelakaan. Wajar jika perusahaan asuransi langsung menolak klaim yang diajukan.

4. Kelengkapan administrasi
Beberapa contoh administrasi pengajuan polis yang tidak lengkap sehingga berujung ditolak adalah nama pemohon klaim tak tercantum dalam polis, masa berlaku polis sudah kadaluarsa, serta lewat batas waktu pengajuan klaim.

Jadi pastikan kelengkapan administrasi sebelum mengajukan klaim kalau tidak mau gigit jari.

sumber: solotrust

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*