Asuransi Public Liability: Untuk Pekerjaan Renovasi, Design Interior dan Maintenance Gedung

Di gedung-gedung pencakar langit di Jakarta, seringkali tenant (penyewa) harus melakukan pekerjaan renovasi dan design interior untuk menyesuaikan konsep penataan ruang dengan “image”perusahaan.

Pekerjaan renovasi dan design interior umumnya berupa pembuatan partisi, dekorasi, penataan ruang, furniture, display dan sejenisnya.

Ada pekerjaan lain yang sering dilakukan di high rise building yaitu pekerjaan pemeliharaan (maintenance), umumnya meliputi pemeliharaan, servis atau perbaikan alat-alat kelistrikan, AC atauMechanical Electrical lainya.

Asuransi CAR/EAR vs Public Liability

Penutupan Asuransi untuk jenis pekerjaaan renovasi, design interior, dan maintenance gedung umumnya dilakukan dengan Contractors’ / Erection All Riks yang dapat meng-akomodir kebutuhan akan“Material Damage” dan “Third Party Liability”

Karakteristik pekerjaan di high rise building umumnya dipersyaratkan“Public Liability Insurance” dengan Limit of Liability yang jauh melebihi TCV atau nilai kontrak pekerjaan itu sendiri.

Nilai kontrak pekerjaan renovasi, design interior, atau servis AC misalnya hanya bernilai ratusan juta rupiah saja, namun pengelola gedung mempersyaratkan Public Liability Insurance dengan Limit of Liability yang bias mencapai US$ 1 juta s/d US$ 10 juta mengingat eksposure risiko yang cukup tinggi jika dilihat dari sisi nilai gedung dan aktifitasnya secara keseluruhan, sehingga Public Liability Insurance dengan limit yang signifikan adalah suatu keharusan.

Klaim apa saja yang mungkin terjadi?

Seperti dalam artikel sebelumnya, klaim Liability dapat berupaProperty Damage, Bodily Injury, dan Law Cost and Expenses.

Property Damage misalnya the worst scenario dapat menyebabkan kebakaran atau ledakan pada high rise building tsb, kerusakan property tenant-tenant yang lain, atau para pengunjung.

Bodily Injury sudah pasti banyak sekali aktifitas manusia didalam gedung pencakar langit tsb yang dapat saja mengalami cidera, cacat atau kematian.

Nah kalau sudah bicara tentang tuntut-menuntut pastilah Law Cost and Expenses nya tidaklah murah, apalagi melibatkan banya perusahaan multi nasional yang biasanya berkantor di gedung tsb.

Berapa Preminya?

Premi Public Liability Insurance untuk jenis pekerjaan tsb tidaklah mahal, mengingat Nilai Kontrak Pekerjaannya (TCV) juga tidak tinggi, apalagi biasanya lamanya pekerjaan hanya satu, dua atau tiga bulan saja.

Premi biasanya mulai dari US$ 250 atau US$ 500

Ya, tentu saja tergantung dari beberapa Underwriting Factors seperti;

  • Scope of Works,
  • Time Schedule,
  • Limit of Liability yang diminta.

Sumber : ahliasuransi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*