Asuransi Properti, Melindungi Rumah Dari Beragam Risiko

Aneka risiko bisa terjadi pada rumah yang kita tinggali tanpa bisa diprediksi. Beragam resiko yang bisa terjadi pada bangunan rumah atau ruko antara lain kebakaran, pencurian, kerusakan karena bencana gempa bumi, sambaran petir, banjir, dan sebagainya. Untuk mengurangi risiko itu kita bisa melindunginya dengan asuransi.

Saat ini hampir semua perusahaan asuransi memiliki produk asuransi untuk rumah. Sebutlah Asuransi Sinarmas, Asuransi Central Asia, AXA, dan lain-lain. Perlindungan standarnya meliputi risiko yang disebut FLEXAS, yaitu risiko fire (kebakaran), lighting (sambaran petir), explosion (ledakan), airplane (kejatuhan pesawat), dan smoke (asap, risiko kerusakan bangunan karena asap).

Selain itu Anda pun dapat mengajukan permohonan untuk memperluas risiko standar (diluar cover FLEXAS), antara lain kerusuhan, tanah longsor, banjir, biaya pembersihan puing. Asuransi Sinarmas misalnya, dengan produk Simas Hemat ++ juga member jaminan terhadap risiko kecelakaan diri untuk penghuni rumah (maksimal lima orang), biaya pengobatan, hingga risiko huru-hara, gempa bumi, sabotase, pencurian, kerusakan yang tidak terduga, kebanjiran, dan lain-lain.

reminya dihitung per mil (per seribu). Untuk Simas Hemat ++ preminya 1,60/mil. Perhitungannya, misalnya harga rumah Rp500 juta x1,60 : 1.000 = 800 ribu, ditambah biaya administrasi 56 ribu. “Jadi preminya untuk rumah seharga Rp500 juta senilai Rp856 ribu per tahun,” ujar Herman, Customer Service Asuransi Sinarmas.

Produk lainnya, Simas Fire hanya melindungi dari risiko kebakaran dengan premi hanya 0,362. Rumah seharga Rp500 juta preminya Rp37 ribu/tahun. Syaratnya, propertinya berupa bangunan permanen dan jalannya dapat dilewati mobil pemadam kebakaran.

Axa memiliki dua produk asuransi untuk rumah yang disebut SmartHome Silver dan Platinum. SmartHome Silver hanya menanggung risiko standar FLEXAS dengan premi 0,0294 per mil. Sedangkan SmartHome Platinum menanggung risiko FLEXAS plus risiko kerusuhan, banjir, gempa, tanah longsor, angin topan, hingga kerusakan karena air (water damage) dengan premi 0,295 per mil, dan biaya polis dan materai Rp40 ribu.

Menurut Novi, Marketing Asuransi Axa, dengan ikut asuransi rumah yang terlindungi bukan hanya rumah tapi juga seluruh benda tidak bergerak yang ada di dalam rumah. Semua tipe rumah dapat diasuransikan, yang penting aksesnya cukup untuk dilalui kendaraan. Perlindungan asuransi juga meliputi biaya perbaikan rumah, pembersihan puing, hingga risiko yang bisa terjadi melalui pihak ketiga. Misalnya, rumahnya ambruk dan menimpa rumah tetangga, kerugian terhadap rumah tetangga pun ditanggung.

sumber: housing-estate

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*