Asuransi Pengangkutan Terkerek Pertumbuhan Ekonomi

Bisnis asuransi pengangkutan tumbuh subur di awal tahun 2018 ini. Tren positif ini dinilai sebagai buah dari masih tumbuhnya ekonomi makro di dalam negeri yang menjalar ke sejumlah sektor industri.

Hal tersebut pun membuat permintaan dan pengiriman barang di tiga bulan pertama tahun ini menunjukan peningkatan.

Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) mencatat per kuartal pertama tahun ini, lini bisnis asuransi pengangkutan membukukan premi sebesar Rp 1,17 triliun. Jumlah tersebut meningkat 13,5% dari periode yang sama di tahun kemarin ang sebanyak Rp 1,03 triliun.

Direktur Eksekutif AAUI Dody AS Dalimunthe menyebut pertumbuhan ini sejalan dengan peningkatan aktivitas perekonomian yang terjadi. “Hal ini tercermin dari pertumbuhan ekonomi yang tumbuh 5,06% serta kenaikan volume pengangkutan barang selama triwulan I 2018,” kata dia belum lama ini.

Berdasarkan data BPS, dia bilang volume pengiriman barang selama periode Januari hingga Maret 2018 menyentuh 19,9 juta ton. Angka ini meningkat 12,6% dari kuaral pertama di 2017 kemarin.

Pertumbuhan tertinggi terjadi di pengangkutan via kereta api yang mencapai 17,1% menjadi 11,3 juta ton. Di belakangnya ada pengkutan lewat pesawat yang naik 7,8% menjadi 89 ribu ton.

Sementara pengakutan menggunakan kapal laut meningkat 7,1% secara tahunan menjadi 8,5 juta ton.

sumber: kontan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*