Asuransi Mobil, Hal Apa yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Mencoba Mengajukannya

Di tengah banyaknya risiko yang dimana-mana mengintai mobil kesayangan Anda, tentu kita ingin menjaga dan merawat kendaraan andalan dengan sebaik mungkin agar umurnya pun awet. Selain perawatan seperti service rutin bulanan, salah satu langkah yang paling tepat adalah jaminan perlindungan terbaik melalui asuransi. Tak hanya demi melindungi mobil kesayangan saja, dengan asuransi, kesehatan finansial kita pun bisa tetap terjaga.

Bagaimana cara menentukan asuransi mobil yang tepat untuk mobil kesayangan Anda? Sebelum mengajukannya, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui terlebih dahulu. Asuransi mobil sebagai sebuah perlindungan khusus akan menjamin semua risiko kecelakaan dan kerusakan pada mobil Anda yang diselenggarakan oleh perusahaan asuransi. Jadi saat Anda memiliki asuransi mobil, otomatis Anda memindahkan risiko kepada pihak perusahaan asuransi.

Yang perlu diperhatikan dalam memilih asuransi mobil yakni kekuatan keuangan (security), dan jasa (service) biaya atau beban. Kedua faktor ini menjadi sangat penting bagi Anda yang tinggal di kota yang padat penduduk. Tak ada satu pun dari kita yang mengharapkan terlibat dalam situasi kecelakaan, kehilangan atau kerusakan mobil. Namun sayangnya, risiko itu selalu ada. Sehingga di sinilah kita memerlukan asuransi mobil. Berikut adalah 5 hal yang perlu kita ketahui sebelum mengajukan asuransi.

1. Tanggungan Kecelakaan (Collision Coverage)

Jenis asuransi Tanggungan Kecelakaan (Collision Coverage)dikhususkan untuk menangani contoh kasus sebagai berikut. Misalkan, Pak Jery berada di dalam mobil yang sedang dikendarainya, kemudian terjadi kecelakaan yang dikarenakan oleh dirinya sendiri. Kecelakaan tersebut mengakibatkan mobil mengalami kerusakan yang teramat parah dan nilai perbaikan mobil melebih dari harga mobil sendiri.

2. Tanggungan Komprehensif (Comprehensive Coverage)

Asuransi Tanggungan Komprehensif disebut-sebut memberikan manfaat yang sangat menguntungkan. Ambil contoh, Pak Jery sedang bepergian ke luar kota dengan mobil dan tanpa disengaja dalam perjalanan ia menabrak seekor kijang dan mobilnya tertimpa pohon. Asuransi Tanggungan Komprehensif ini akan memberi jaminan dari semua situasi tersebut.

3. Liability Insurance

Memiliki kemiripan dengan asuransi Collision Coverage, Liability Insurance memberi jaminan saat terjadi kecelakaan mobil yang dikemudikan oleh Anda. Asuransi liability ini akan menanggung kerusakan properti dan perbaikan mobil yang disebabkan oleh kecelakaan. Tak hanya itu saja, tagihan medis atas cedera dari kecelakaan yang terjadi pun akan ditanggung oleh asuransi jenis ini.

4. Motorist Protection

Asuransi Motorist Protection akan membantu pengemudi yang mengalami kecelakaan dengan menjamin biaya dari kerusakan yang terjadi. Asuransi jenis ini sudah diterapkan di beberapa negara seperti Amerika Serikat dan Eropa.

5. Personal Injury Protection

Asuransi Personal Injury Protection (PIP) merupakan perlindungan kecelakaan terhadap diri sendiri. Ada pun biaya tambahannya akan diberikan oleh perusahaan asuransi kepada pengemudi dan juga penumpangnya.

Setelah mengetahui jenis asuransi mobil, mari kita beralih ke langkah selanjutnya. Cara-cara yang lebih spesifik berikut dapat membantu Anda menentukan dan memutuskan asuransi mobil mana yang tepat untuk si mobil kesayangan. Apa saja?

1. Amati Rekam Jejak Perusahaan

Sebagai konsumen yang cerdas, Anda akan ingin memastikan perusahaan asuransi yang Anda bidik memiliki rekam jejak yang baik. Temukan review dari para nasabah yang sudah lebih dulu menggunakan produk mereka sebagai referensi pertimbangan Anda. Perhatikan apakah perusahaan itu memang sudah diakui atau dimonitori oleh lembaga tertentu. Lembaga yang mengontrol dan mengawasi industri jasa keuangan di Indonesia adalah OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Faktanya, saat ini belum banyak juga perusahaan asuransi dan broker yang mendaftarkan diri ke OJK. Sehingga Anda akan ingin mengecek ke laman situs www.ojk.go.id atau menanyakan langsung ke layanan konsumen OJK di telepon (021) 500655 guna mengetahui perusahaan asuransi mana saja yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Anda bisa memilih asuransi mobil Simasnet atau Jasindo karena sudah terbukti oleh masyarakat dan terdaftar di OJK sebagai alternatif pilihan Anda.

2. Tidak Tergiur Harga Premi Rendah

Berhati-hatilah terhadap asuransi yang menawarkan harga premi rendah. Alih-alih termakan oleh iming-iming yang sekilas tampak menggiurkan, teliti dulu apakah ada udang di balik batu? Apakah cukup aman? Sebagai pengatur keuangan yang cerdas, kita tentu ingin lebih berhati-hati lagi dalam menafsirkan harga premi yang murah. Anda tidak akan mengambil sesuatu yang nantinya malah merugikan kocek Anda.

3. Memiliki Rekanan Bengkel Luas

Layaknya asuransi kesehatan, asuransi mobil yang kredibel pun idealnya memiliki rekanan bengkel yang tak hanya banyak tapi juga luas. Pastikan perusahaan asuransi yang ingin Anda pilih memiliki jaringan bengkel luas serta berkualitas. Jaringan bengkel rekanan yang luas akan memberi Anda keleluasaan serta kesempatan dalam menentukan bengkel mobil yang terbaik untuk memperbaiki mobil Anda kelak.

Mengingat keselamatan berkendara merupakan hal yang krusial, adalah penting untuk melindungi diri, mobil dan finansial kita dengan asuransi mobil. Faktanya, hanya asuransilah satu-satunya jaminan riil yang bisa melindungi mobil dan juga diri kita dari berbagai risiko yang mengintai di luar sana.

sumber: Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*