Apa Manfaat dari Asuransi Properti

Banyak yang menganggap asuransi ini tak terlalu penting untuk dimiliki. Mereka masih mendahulukan asuransi jiwa maupun kesehatan. Padahal, Indonesia menjadi salah satu negara dengan risiko bencana tertinggi di dunia seperti banjir, gempa bumi, tsunami, dan letusan gunung berapi.

Dengan memiliki asuransi properti, pemegang polis tentu akan lebih tenang, termasuk ketika meninggalkan rumah dalam waktu lama. Asuransi ini tak hanya melindungi risiko tempat tinggal atau usaha, tetapi juga melindungi investasi untuk usaha.

Asuransi properti atau asuransi rumah merupakan jenis asuransi kerugian yang memproteksi properti atau aset Anda yang berupa bangunan rumah beserta isinya. Asuransi jenis ini terbagi dua, yaitu asuransi kebakaran dan asuransi property all risks. Lalu apa saja manfaatnya? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut manfaat dari asuransi properti:

Perlindungan maksimal
Fungsi utama asuransi rumah atau properti adalah memberikan jaminan perlindungan kepada rumah atau hunian beserta isinya.

Properti akan mendapatkan jaminan perlindungan dari berbagai risiko kerusakan akibat kebakaran, bencana alam, dan penyebab kerusakan lainnya.

Hal ini dapat diperluas dengan jaminan atas risiko kehilangan akibat pencurian atau tindakan kejahatan lain, serta jaminan atas risiko dari gangguan lainnya.

Memberikan rasa aman
Perlindungan asuransi rumah atau properti dapat pula digunakan untuk menghadapi risiko kerugian yang tidak pasti, seperti kebakaran, bencana alam, pencurian, ataupun risiko lainnya. Hal ini tentu akan memberikan ketenangan serta rasa aman dan percaya diri pada pemilik aset.

Seandainya berbagai risiko tersebut terjadi sehingga pemilik mengalami kerugian, akan ada penggantian yang sesuai dari pihak perusahaan asuransi.

Biaya murah
Pada jenis Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia, nilai premi asuransi yang dikenakan rata-rata sangat kecil, misalnya 0.50/00 dari total nilai aset.

Perhatikan perbandingan antara besar nilai pertanggungan dan nilai premi yang dibayarkan. Cukup membayar premi asuransi yang sangat murah untuk mendapatkan proteksi maksimal atas nilai properti yang besar. Jadi, dengan biaya yang murah, aset properti sudah dapat terlindungi dengan baik.

Mengganti bangunan dan properti
Asuransi rumah atau properti memberikan penggantian biaya akibat kerusakan atau kehilangan. Syarat penggantiannya adalah bahwa kerugian tersebut tidak terjadi atas kelalaian pemilik sendiri.

Menghindari gangguan finansial
Jika bangunan rumah serta seluruh isinya terbakar, maka pemilik akan mengalami kerugian finansial yang sangat besar. Tentunya biaya yang akan dikeluarkan untuk memperbaiki dan mengganti semua properti tersebut tidaklah sedikit.

Asuransi properti memberikan penggantian atas kerugian tersebut sehingga pemilik tetap dapat melindungi keadaan finansial.

Tempat tinggal sementara
Apabila risiko kerugian yang terjadi menyebabkan seseorang kehilangan tempat tinggal, asuransi properti dapat memberikan tempat tinggal sementara secara cuma-cuma atau memberikan penggantian biaya untuk menyewa tempat tinggal sementara.

Nilai properti tetap stabil
Salah satu tujuan yang tidak banyak orang tahu adalah menjaga nilai properti atau nilai rumah agar tetap stabil, bahkan lebih tinggi. Seandainya rumah terkena bencana nilainya tidak akan turun, sehingga tidak perlu khawatir akan kehilangan keuntungan. Apalagi jika menggunakan asuransi all risk, akan diberi jaminan atas kehilangan pendapatan.

Terhindar dari risiko tuntutan hukum
Keuntungan lainnya adalah dapat melindungi dari tuntutan hukum. Hal ini jika ada orang lain yang mengalami luka akibat bencana yang terjadi di dalam properti. Selain itu, biasanya juga sebagai syarat untuk mengajukan pinjaman.

sumber: elshinta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*