Memilih Alat Berat Yang Sesuai

Untuk membantu proyek konstruksi bangunan, kita tentunya membutuhkan alat berat. Bantuan alat berat akan sangat mempersingkat pekerjaan yang tadinya akan memakan waktu lama jika hanya menggunakan tenaga manusia. Merawat alat berat dengan spare part alat berat komatsu yang sesuai dan melatih operator adalah hal yang penting, namun hal yang pertama harus diperhatikan yaitu memilih alat berat berkualitas tinggi dan cocok untuk pekerjaan yang akan dilakukan.

Berikut adalah beberapa tips agar pemilihan alat berat tepat guna dan dapat dipakai dengan maksimal.

1.  Pilihlah alat berat yang sesuai dengan skala dan batas waktu proyek.

Pemilihan alat berat ini akan sangat berpengaruh pada lama waktu proyek dan budget yang harus dikeluarkan.

Proyek skala besar dan memiliki waktu yang sedikit tentunya membutuhkan lebih banyak alat berat, sementara proyek skala besar yang memiliki batas waktu agak lama tidak membutuhkan terlalu banyak alat berat.

2.  Pilihlah alat berat yang sesuai dengan pekerjaan yang akan dikerjakan.

Hampir semua tipe alat berat didesain khusus untuk melakukan suatu hal yang spesifik oleh pabrikannya, dan kontraktor yang cerdas harus bisa memilih alat berat mana saja yang akan efektif untuk pekerjaan tertentu.

3.  Keputusan lain yang harus dibuat juga adalah keputusan untuk membeli atau menyewa.

Membeli tentu akan lebih mahal, tetapi biasanya menyewa alat berat untuk jangka panjang akan terus menambah biaya sewa. Jika menyewa, alat berat harus dipakai secara efektif tanpa ada waktu istirahat agar biaya dapat digunakan sebaik-baiknya. Jika kontraktor memiliki tim perawatan alat berat yang sudah ahli, maka membeli mesin second dapat menjadi alternatif yang lebih murah.

4.  Pastikan alat berat memiliki spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa alat berat memiliki pilihan jenis ukuran yang memiliki spesifikasi berbeda. Ukuran yang lebih kecil akan memiliki batas kemampuan yang lebih kecil juga dibandingkan dengan ukuran yang berbeda. Ketahuilah kebutuhan kita dan gunakan alat dengan batas kemampuan yang sesuai. Memaksakan suatu alat berat bekerja diluar batas kemampuannya akan membuat alat menjadi mudah rusak dan sangat berbahaya bagi operator ataupun orang yang berada disekitar lokasi proyek.

Diharapkan dengan tips-tips ini, para kontraktor dapat lebih teliti memilih alat berat agar pekerjaan dapat berjalan lancar dan seefektif mungkin.

sumber: tipsindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>