Cara Merawat dan Memelihara Alat Berat yang Baik

Anda mungkin salah satu pengguna alat berat yang ada di Indonesia. Mungkin diantara Anda ada yang sudah lama dan baru menggunakan alat berat ini. Nah, pada saat pertama Anda membeli alat berat yang akan Anda gunakan untuk pertambangan, perkebunan, industri dan lain sebagainya. Anda pasti mencari alat berat dengan spare part alat berat komatsu yang berkualitas tinggi. Benar Bukan? Hal ini Anda lakukan untuk menghindari kerusakan secara cepat kepada alat berat Anda.

Untuk Anda yang berprofesi sebagai mekanik alat berat, pasti sudah paham betul mengenai perawatan ini, karena ini merupakan tugas dan tanggung jawab mekanik alat berat. Namun, untuk Anda yang masih belum paham bagaimana cara merawat dan memelihara alat berat yang baik dan benar. Untuk Anda yang tidak mengetahuinya, maka di bawah ini akan dipaparkan beberapa cara merawat dan memelihara alat berat yang baik dan benar. Berikut penjelasannya:

1.  Mencek Alat Berat Anda sebelum dioperasikan

Sebelum Anda mengoperasikan alat berat Anda, sebaiknya Anda harus mencek alat berat Anda terlebih dahulu salah satu contohnya yaitu Anda harus mencek bahan bakar alat berat Anda. Apakah bahan bakar alat berat Anda masih
Alat Berat

Alat Berat

banyak atau sudah habis. Apabila Anda tidak mencek bahan bakar alat berat Anda secara rutin, tidak menutup kemungkinan pada saat Anda benar-benar sangat membutuhkan alat berat, tapi bahan bakarnya habis. Pasti Anda sangat kesal sekali.

2.  Pemeriksaan dan perawatan harian

Pemeriksaan dan Perawatan harian ini dilakukan supaya alat berat Anda selalu dalam keadaan baik dan tidak terjadi kerusakan. Waktu yang tepat untuk memeriksanya yaitu pada pagi hari sebelum anda mengoperasikan alat berat Anda, dan penting juga bagi Anda apabila Anda telah selesai menggunakan alat berat Anda maka harus membersihkannya.

3.  Perawatan Berkala

Selain merawat alat berat Anda secara harian, anda juga bisa merawatnya secara berkala. Perawatan berkala ini didasarkan pada jam kerja mesin (HM), biasanya mengikuti rekomendasi dari pihak pembuat unit. Pelaksanaan bisa dilakukan sendiri atau dengan pihak lain (vendor. Pada saat merawat secara berkala ini maka anda bisa memeriksa kondisi unit, mengganti pelumas, dan mengganti suku cadang alat berat Anda.

4.  Menjadwalkan Overhaul

Hal ini dilakukan untuk merekondisi mesin atau komponen alat berat agar kembali ke kondisi standar sesuai dengan standar pabrik. Dan Anda harus secara rutin menjadwalkan overhaul ini supaya tidak terjadi kerusakan

5.  Condition Base Maintenance

Hal ini bertujuan untuk mengembalikan kondisi unit seperti semula (standar), hal yang bisa Anda lakukan yaitu pekerjaan service seperti : PPM dan PPU yang hasil pengukurannya disesuaikan dengan standar terbaru (service news dan modification program)

–  Tujuan Anda memelihara dan merawat alat berat Anda secara rutin yaitu:
–  Membantu dalam mengantisipasi kerusakan yang lebih jauh lagi (fatal)
–  Mengurangi down time unit
–  Efektivitas kerja unit dan target kerja

Itulah cara yang bisa Anda lakukan ketika akan merawat dan memelihara alat berat Anda secara baik dan benar.

sumber: tipsindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>