Anda Punya Asuransi Mobil ? Sadari 10 Manfaat Tersembunyi Ini dari Polis Anda

Seringkali ketika pemilik kendaraan mengajukan polis asuransi karena sudah merasa yakin dengan apa yang dibicarakan dengan petugas asuransi maka langsung saja menandatangani kesepakatan polis asuransi tanpa mengecek apa saja isi dari syarat, ketentuan atau bahkan kesepakatan apa saja  yang tertera di surat yang ditandatangani.  Padahal perilaku yang demikian bisa menyebabkan pemilik mobil melewatkan beberapa keuntungan yang ditawarkan oleh asuransi.

Sebagai contoh, banyak pemilik kendaraan yang tidak mengetahui sama sekali tentang adanya keuntungan seperti diskon di beberapa instansi yang bekerja sama dengan pihak asuransi. Mungkin Anda termasuk salah satu dari beberapa orang yang berperilaku demikian pula. Jika memang demikian, maka Anda dapat membaca lebih lanjut tentang beberapa manfaat tersembunyi yang ada di polis asuransi yang Anda miliki.

1.    Daya cover perlindungan pihak asuransi

Banyak orang hanya berpendapat pihak asuransi hanya akan mengcover kerugian yang mungkin menimpa mobil hanya karena kecelakaan. Padahal ada banyak penyebab kerusakan atau kerugian lain yang akan tetap ditanggung oleh pihak asuransi. Contohnya saja resiko kendaraan rusak dikarenakan banjir, gempa bumi, tanah longsor, tersambar petir, atau bencana lainnya. Penyebab kerusakan lain seperti hilang akibat pencurian, penjarahan, kerusuhan yang ada ketika ada demo anarkis juga dapat di cover oleh pihak asuransi.

Tentu beragam penyebab kerusakan tersebut akan di cover oleh pihak asuransi jika Anda melakukan perluasan apa saja yang hendak di cover oleh pihak asuransi ketika awal pengajuan asuransi.

2.    Bebas biaya derek mobil

Mungkin Anda seringkali mengemudi di jam-jam sibuk terutama di jalan tol atau di area yang cukup ramai namun susah untuk menemukan bengkel atau mekanik yang dapat memperbaiki kerusakan mobil. Atau mungkin saja Anda menyimpan nomor mekanik atau bengkel langganan Anda yang letaknya cukup jauh dari lokasi mobil Anda yang sedang mengalami kerusakan.

Untuk kasus yang demikian, seringkali kita membutuhkan jasa derek yang dapat membawa mobil kita menuju bengkel atau lokasi mekanik yang dapat melakukan perbaikan pada mobil kita. Jika penyebab kerusakan mobil Anda adalah karena kecelakaan maka Anda dapat melakukan klaim jasa derek yang dibebankan kepada Anda. Beberapa produk asuransi dari perusahaan asuransi ternama seperti asuransi mobil ACA All Risk  dari ACA  sudah memiliki fasilitas derek yang bisa Anda manfaatkan bila sewaktu-waktu mobil Anda mogok.

Selama Anda melakukan perpanjangan asuransi kendaraan yang Anda miliki maka Anda dapat pula melakukan klaim biaya derek berulang kali.

3.    Bebas biaya administrasi memperpanjang polis asuransi

Di beberapa perusahaan asuransi kebanyakan proses mengurus asuransi kendaraan cukup memakan waktu dan tenaga. Yang tidak banyak diketahui oleh para pemilik asuransi atau calon nasabah asuransi adalah kita dapat melakukan pengajuan polis asuransi baru ataupun memperpanjang polis asuransi secara online. Tentu dengan melakukan secara online, maka prosesnya akan semakin cepat, semakin sederhana dan semakin simple tanpa melibatkan dokumen kertas sama sekali. Hanya dengan beberapa kali klik dan selesai.

4.    Diskon untuk pertanggungan pihak ketiga

Jika Anda memiliki asuransi all risk dengan perluasan pertanggungan pihak ketiga maka pihak asuransi akan melakukan ganti rugi yang diderita pengendara lain yang mengalami kecelakaan dimana penyebab kecelakaan adalah kesalahan Anda. Tentu untuk kerugian yang diderita oleh Anda juga akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Jika Anda merasa cukup yakin dengan kondisi keuangan Anda sehingga Anda dapat melakukan ganti rugi yang diderita pihak ketiga dari kantong Anda sendiri, maka ketika pengajuan polis asuransi Anda dapat meminta pihak Asuransi untuk menurunkan biaya pertanggungan pihak ketiga. Tentu jika pihak asuransi mau menurunkan besaran yang akan mereka tanggung untuk perlindungan pihak ketiga maka Anda juga dapat memperoleh diskon atau potongan besarnya polis perluasan pihak ketiga.

5.    Asuransi aksesoris tambahan pada mobil

Asuransi mobil biasa hanya akan mengcover kerusakan yang ada di mobil saja dan tidak menjamin kerusakan yang mungkin juga mengenai aksesoris yang ada di dalam mobil ikut rusak akibat kecelakaan. Jika pada saat Anda mengajukan asuransi kendaraan Anda mengajukan perluasan segala hal termasuk untuk mengcover kerusakan aksesoris mobil maka tentu pihak asuransi akan mengcover kerusakan aksesoris yang ada di mobil. Sebelum melakukan penambahan aksesoris maka sebaiknya Anda melakukan konsultasi kepada pihak asuransi untuk pemberitahuan dahulu.

6.    Adanya pihak yang membantu mengurus kerusakan selama dua puluh empat jam

Pihak asuransi akan memberikan orang yang dapat melayani dan membantu Anda selama dua puluh empat jam penuh selama tujuh hari ketika mungkin kendaraan Anda berada di tengah kecelakaan. Pihak yang membantu Anda ini juga akan mengurus masalah derek, memanggil taksi untuk Anda, mengurus masalah dengan pihak berwajib dan lain sebagainya.

7.    Mengatasi penurunan harga

Semakin berumur suatu kendaraaan maka harga jualnya akan mengalami penurunan. Perluasan asuransi yang mengatasi penurunan harga akan menjamin pergantian bagian mobil yang mengalami penurunan harga karena kerusakan. Perlindungan yang diberikan pihak asuransi biasanya menyangkut selisih yang ada di bagian mobil yang mengalami kerusakan dan harga bagian yang rusak tersebut diganti baru.

8.    Perlindungan mesin

Mungkin mobil mengalami kerusakan seperti adanya kebocoran oli atau mesin kemasukan air yang menyebabkan kerusakan. Pihak asuransi all risk comperhensive akan menjamin kerusakan seperti itu dengan melakukan perbaikan.

9.    Pertanggungan bagi pengemudi

Pihak asuransi juga akan menanggung kerugiaan menyangkut pengemudi yang mengalami luka atau cacat bahkan kematian yang diakibatkan oleh kecelakaan.

10.    Memotong pajak

Mobil yang dipakai untuk usaha akan mengurangi pajak yang mesti dibayarkan oleh pemilik usaha. Tentu mobil tersebut haruslah berada di bawah nama pemilik usaha.

Asuransi kendaraan memberikan banyak manfaat bukan. Jika memang masih menyimpan dokumen syarat ketentuan polis asuransi, maka Anda dapat mulai membacanya.

sumber: fajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>