Asuransi Rumah: Wajib Punya 4 Asuransi Ini Sebelum Mudik Lebaran

Anda mungkin tidak bisa mencegah terjadinya pencurian, tapi kerugian akibat tindak kejahatan tersebut bisa dihindari. Perlindungan asuransi sering dianggap sebagai tambahan pengeluaran. Padahal bila memiliki beberapa asuransi ini, Anda akan mendapatkan manfaat atas risiko yang terjadi, terutama selama kegiatan bermudik.

 

Dikutip laman CekAja, Sabtu 2 Juli 2016, sebelum menjalankan rencana pulang kampung atau berlibur bersama keluarga, ada baiknya Anda memiliki perlindungan berikut ini:

 

  1. Asuransi Rumah yang Ditinggal

Bagi Anda yang meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, kadang titip pesan ke tetangga atau pihak keamanan saja tidak cukup.

 

Anda mungkin tidak bisa mencegah terjadinya pencurian, tapi kerugian akibat tindak kejahatan tersebut bisa dihindari, asal memiliki asuransi rumah sebelum pergi mudik. Asuransi ini memiliki perlindungan terhadap banjir, gempa bumi, tsunami, pencurian, kebakaran, dan ledakan.

 

  1. Asuransi Kecelakaan

Hampir tiap periode mudik data mengenai angka kejadian kecelakaan masih relatif besar. Meski demikian, belum banyak yang sadar, akan pentingnya asuransi dalam perjalanan mudik.

 

Bila sebelum mudik Anda sudah memiliki asuransi kecelakaan diri, ada berbagai benefit atas risiko tersebut. Misalnya, santunan kematian atau meninggal dunia akibat kecelakaan, santunan jika nasabah mengalami cacat tetap, dan santunan biaya pengobatan, bila ada tindakan medis untuk mengobati luka akibat kecelakaan.

 

  1. Asuransi Kerusakan atau Pencurian Kendaraan

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik atau pergi libur Lebaran, tak hanya kondisi kendaraan dan kewaspadaan yang penting. Perlindungan kendaraan juga diperlukan, karena Anda tak pernah tahu yang akan terjadi nanti.

 

Saat Anda berkendara dengan hati-hati, bisa saja pengemudi lain terburu-buru, menabrak kendaraan hingga rusak serta mengganggu kenyamanan mudik Anda. Untuk risiko ini, Anda bisa hindari dengan asuransi kendaraan.

 

  1. Asuransi Risiko Gagal Terbang

Angkutan umum dapat menjadi pilihan Anda dalam bertransportasi saat Lebaran, baik angkutan darat, laut, ataupun udara. Tapi tetap saja ada risiko dalam perjalanan Anda.

 

Misalnya, penerbangan tertunda berjam-jam hingga pihak transportasi membatalkan perjalanan sepihak, barang bagasi hilang atau rusak selama perjalanan, bahkan kecelakaan transportasi sehingga Anda harus dirawat di rumah sakit.

 

Kerugian akibat risiko-risiko yang sudah dijabarkan itu dapat hindari dengan asuransi perjalanan yang memiliki jaminan lengkap. Premi juga relatif murah karena durasi polis singkat sesuai periode perjalanan Anda. Nah, dengan manfaat yang banyak dalam asuransi, masih berpikir dua kali untuk pakai perlindungan saat mudik?

 

sumber: money

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>