Pasar Mobil Asia Tenggara Kembali Tumbuh

Penjualan mobil baru enam negara di Asia Tenggara naik 14 persen pada Maret menjadi 316.736 unit. Ini merupakan pertumbuhan kelima berturut-turut, dan rekor penjualan bulanan yang lama yang terlihat dalam empat tahun terakhir.

Mengutip Nikkei, Selasa (29/5/2017), Thailand, Malaysia, Filipina, dan Singapura membukukan kenaikan dua digit. Penjualan mobil baru mulai berbalik pada 2016, tumbuh untuk pertama kalinya dalam tiga tahun. Namun pertumbuhan hanya mencapai 3 persen dan baru pada awal 2017 pemulihan bergerak lebih cepat.

Kontributor tertinggi adalah Thailand, pasar mobil terbesar kedua di Asia Tenggara, di mana pada Maret melonjak 17 persen menjadi 84.801 unit. Segmen mobil penumpang melonjak 40 persen di mana Honda, Toyota, Nissan, Mazda dan Mitsubishi berada di puncak kemasan di area ini, mencatat kenaikan 30 persen sampai 70 persen.

Penjualan mobil baru di Indonesia, pasar terbesar ASEAN tumbuh 8 persen di bulan yang sama, naik melewati 100.000 unit untuk pertama kalinya dalam empat bulan. Sementara untuk Malaysia yang pada 2016 menderita penurunan penjualan, mulai pulih dan melonjak 10 persen. Ini adalah bulan kedua petumbuhan dua digit.

Sementara untuk pertama (Januari-Maret) 2017, penjualan mobil baru di Asia Tenggara tumbuh 11 persen menjadi 826.545 kendaraan, yang dipimpin oleh lompatan 20 persen di Filipina dan kenaikan 16 persen di Thailand. Setidaknya untuk saat ini, penjualan mobil baru di Asia Tenggara nampaknya kembali ke jalur semula atau mulai pulih.

sumber: kompas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>