Pemerintah Bakal Batasi Usia Mobil

Kementerian Perindustrian mengusulkan adanya pembatasan usia kendaraan sebagai salah satu upaya menurunkan emisi. Ketiadaan regulasi mengenai batasan usia kendaraan menyebabkan maraknya peredaran mobil tua

Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan menjelaskan, mobil tua mengeluarkan emisi lebih tinggi, se – hingga mempersulit upaya pe – me rintah untuk menekan polusi. Menurutnya, Kementerian Perhubungan perlu melakukan kategorisasi terhadap jenis kendaraan tua yang masih beredar. Kategorisasi bisa disusun berdasarkan tahun produksi atau tingkat emisi yang dikeluarkan.

Selain berdasarkan tahun produksi, kategorisasi juga da pat disusun berdasarkan peng gunaan kendaraan, yakni mobil yang digunakan sebagai angkutan pribadi dan mobil yang digunakan sebagai angkutan massal.

“Misalnya mobil tua boleh tetap beredar tapi harus ada syarat tarif pajak tertentu, ini harus dilakukan. Karena itu penghasil CO2 terbesar,” katanya, akhir pekan lalu. Pemerintah tengah gencar mengendalikan tingkat pencemaran udara, sejalan dengan ko mitmen untuk menekan emisi hingga 29% pada 2030. Trans portasi menjadi salah satu sektor penghasil emisi terbesar di Indonesia.

Pembatasan usia kendaraan telah dipraktikkan oleh banyak negara. Selain menekan polusi udara, kebijakan ini juga akan mengendalikan peredaran kendaraan, sehingga menurunkan kepadatan lalu lintas. Singapura menjadi salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yang telah menerapkan pem batasan usia ini. Tidak ha nya untuk roda empat dan le bih, peredaran sepeda motor di negara tersebut juga dibatasi.

“Kalau tidak dibatasi, regulasi sebagus apa pun yang kita buat akan percuma,” tegas Putu. Usulan ini telah dirumuskan oleh Kementerian Perindustrian sejak beberapa tahun lalu. Pada 2014, kementerian me wacanakan batasan usia ken daraan yakni 20 tahun. Na mun hingga kini usulan ter sebut tidak pernah terealisasi.

ANGKUTAN UMUM

Sementara itu, Kementerian Perhubungan hanya membatasi usia kendaraan untuk mobil yang digunakan sebagai angkutan umum. Batasan usia berkisar antara tujuh tahun hingga 10 tahun, tergantung jenis ken daraan. Dihubungi terpisah, Direktur Angkutan dan Multimoda Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Cucu Mulyana mengatakan akan mendukung usulan Kementerian Perindustrian tersebut.

Saat ini, Kemente rian Perhubungan masih me nunggu rekomendasi dari Ke menterian Perindustrian. “Pada prinsipnya kami harus siap mendukung setiap kebijakan yang diambil oleh sektor lain, termasuk Kementerian Per industrian,” katanya.

Namun sampai saat ini baik Kementerian Perhubungan mau pun Kementerian Perindustrian belum memutuskan target penyelesaian aturan mengenai hal ini, dengan alasan masih me lakukan kajian bersama pi – hak terkait.

Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Kukuh Kumara menilai ada tiga tantangan yang harus dihadapi pe laku industri dan pemerintah guna meningkatkan daya saing. Pertama adalah isu energi dan lingkungan.

Kedua isu tek nologi dan keamanan kendaraan dan ketiga isu perdagangan bebas. “Isu energi sangat pen ting karena banyak negara sudah concern terhadap hal ini,” katanya.

sumber: bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>