Tarif Premi Baru Asuransi Kendaraan Bermotor (Surat Edaran OJK No. 6/SEOJK/05/2017)

Otoritas Jasa Keuangan Indonesia terus melakukan kebijakan dalam tarif asuransi baik asuransi jiwa maupun asuransi kerugian.  Di awal tahun ini tarif premi baru kembali diberlakukan khususnya pada lini usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor.

 

Melalui Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK/05/2017 yang telah diterbitkan pada tanggal 26 Januari 2017, pemerintah dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kembali memberlakukan ketentuan baru mengubah beberapa hal yang sudah diatur sebelumnya dalam Surat Edaran OJK tahun 2015.   Adapun Surat Edaran OJK Nomor 6/SEOJK/05/2017 mengatur perihal “Penetapan Tarif Premi atau Kontribusi Pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor Tahun 2017”

 

Adapun perbedaan antara Surat Edaran OJK tahun 2017 dengan Surat Edaran OJK tahun 2015 sebelumnya adalah sebagai berikut:

 1. Perubahan Tarif Premi Pertanggungan Comprehensive dan Total Loss Only

Perubahan tarif premi dimaksud dapat dilihat di lampiran IV halaman 1

2. Perubahan Tarif Premi Perluasan Jaminan TPL & PLL 

Perubahan tarif premi Perluasan Jaminan Tanggung Jawab Hukum Terhadap Pihak Ketiga (TPL) dan Perluasan Jaminan Tanggung Jawab Hukum Terhadap Penumpang (PLL) dimaksud dapat dilihat di lampiran IV halaman 2

3. Perubahan Metode Perhitungan Tarif Premi Perluasan Jaminan TPL & PLL
Perhitungan premi jaminan perluasan Tanggung Jawab Hukum Terhadap Pihak Ketiga (TPL) dan Perluasan Jaminan Tanggung Jawab Hukum Terhadap Penumpang (PLL) dihitung secara berjenjang     disesuaikan dengan limit TPL/PLL yang diminta. Ilustrasi perhitungan dapat dilihat pada Lampiran IV halaman 3.

Ketentuan lainnya seperti biaya akuisisi, diskon fleet, risiko sendiri (deductible) dan lainnya tetap sama dengan ketentuan tahun 2015, tidak mengalami perubahan.

Tarif Premi Baru Asuransi Kendaraan Bermotor  atau Surat Edaran OJK No. 6/SEOJK/05/2017 ini akan berlaku efektif per tanggal 01 April 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>