Asuransi Kapal: Mengenal CLC dan Bunker Blue Card

Istilah CLC dan Bunker Blue Card ini dikenal dalam kapal laut.   CLC kepanjangan dari Convention on Civil Liability merupakan suatu konvensi international yang menentukan tentang tanggung jawab dalam pencemaran oleh tumpahan minyak yang dapat merugikan lingkungan hidup.

CLC ini dibuat untuk menjamin adalnya ganti rugi yang cukup bagi orang-orang yang menderita karena pencemaran lingkungan yang diakibatkan karena tumpahan minyak yang timbul dari kecelakaan kapal pengangkut minyak.

Konvensi ini dikelola oleh para pemilik kapal untuk mengasuransikan kapal-kapalnya dengan ketentuan biaya dan tanggung jawab serta batasan-batasan yang sesuai.  Diadakan awalnya pada tahun 1969, kemudian berlanjut terus untuk penyempurnaannya.

Di Indonesia sendiri Pemerintah telah mengatur adanya perlindungan akan pencemaran terhadap polusi minyak ini dengan mengeluarkan Surat Edaran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut tentang Penerapan Dana Jaminan Ganti Rugi Nasional Terhadap Kerusakan Akibat Pencemaran Minyak Bahan Bakar dan Muatan (National Certificate of Insurance or other Financial Security in respect of Civil Liability for Bunker or for Oil Pollution Damage).

Perusahaan asuransi sendiri telah membuat suatu konsorsium asuransi untuk memberikan jaminan terhadap pencemaran yang diakibatkan oleh tumpahan minyak ini.  Produk ini merupakan jaminan perluasan dari Asuransi Penyingkiran Rangka Kapal.   Jadi pemilik kapal dapat membeli Asuransi Penyingkiran Rangka Kapal yang termasuk dalamnya jaminan Pollution Liability.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>