Asuransi Public Liability: Pemasangan BTS di Konkep Tidak Jelas

Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Konkep H Harsin Abdul Rahim SPd MSi mengatakan, Rabu (24/2), rencana pemasangan tower base transceiver station (BTS) masih belum jelas.

Dikatakan, pihaknya sudah berkomunikasi dengan pihak Kementerian Komunikasi dan Informasi (Mekominfo) berkait rencana pemasangan BTS tersebut, namun belum mendapat kepastian dari pihak Kemkominfo, karena belum ditentukan titik pemasangannya. Di samping itu, juga terkendala dengan keadaan listrik di Konkep.

Sebelumnya, Kemkominfo berencana memasang BTS sebanyak 300 unit se-Indonesia, dan Pemkab Konkep berharap bisa medapatkan sekitar dua sampai tiga unit.

Lebih lanjut, Harsin mengungkapkan, rencana pemasangan BTS dialokasikan di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Wawonii Tenggara, Wawonii Timur, dan Wawonii Utara.

BTS hijau (bahasa Inggris:green BTS) adalah perangkat BTS (Base Transceiver System) yang komponen instalasinya menerapkan prinsip ramah lingkungan.[1] BTS jenis ini memiliki tiga prinsip utama ramah lingkungan yaitu hemat ruang instalasi, hemat penggunaan tenaga listrik, dan mudah dipasang (instalasi).
Beberapa perusahaan telekomunikasi yang telah menggunakan teknologi BTS hijau di antaranya adalah Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat. Di tahun 2012 Telkomsel telah memiliki 4400 BTS dengan sebaran di daerah Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Lalu XL yang berjumlah 360 BTS di daerah seperti Jawa Timur, Bali, Lombok, dan Sulawesi. Indosat juga membangun BTS hijau dengan teknologi baterai zinc.[4] Selain itu, Axis telah membangung BTS dengan tenaga surya di daerah Minas Barat, Riau. BTS ini dilengkapi dengan 4 panel photovoltaic untuk menghasilkan total 8 kW tenaga listrik di saat cuaca cerah.

sumber: beritakendari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>