Asuransi Kendaraan-4 Tips Mudah, Cepat dan Aman dalam Melakukan Proses Klaim

Klaim asuransi

Hal pertama yang perlu anda ketahui sebelum melakukan proses klaim asuransi kendaraan adalah jenis asuransi kendaraan yang anda miliki apakah tipe asuransi All Risk (semua resiko dikover) ataukah TLO (Total Lost Only) yang hanya mengkover resiko kerusakan total (75 %) dari kecelakaan dan kehilangan. Pemahaman akan hal ini penting untuk menghindari kesalahan klaim padahal anda sudah banyak mengeluarkan waktu dan biaya untuk kelengkapan berkas klaimnya. Perlu anda ketahui juga bahwa tipe asuransi all risk sekalipun, tidak semua resiko dikover, jadi tergantung kesepakatan awal yang tercantum dalam polis. Nah, bagaimana Tips Mudah, Cepat dan Aman dalam Melakukan Proses Klaim Asuransi Kendaraan sehingga anda terhindar dari penolakan pihak asuransi?

1. Segera lapor dan lengkapi berkas jika terjadi resiko

Saat terjadi resiko misalnya kecelakaan atau kehilangan pada kendaraan anda, maka hal pertama yang perlu anda lakukan adalah melaporkan kejadian tersebut dengan menghubungi nomor telepon maskapai asuransi anda. Laporan klaim asuransi harus dilakukan paling lambat 3×24 jam sejak kejadian. Untuk kasus kehilanganpun, anda sebaiknya menghubungi pihak asuransi dahulu sebelum melapor ke polisi. Ceritakan kronologisnya dan sampaikan bahwa berkas kelengkapan sedang dalam proses pengurusan. Untuk kasus kecelakaan, pastikan anda mendapat rujukan bengkel rekanan terdekat sehingga memudahkan anda proses perbaikan dan survei kejadian oleh pihak asuransi.

2. Pahami berkas apa saja yang dibutuhkan saat klaim

Berkas yang paling lama untuk dipenuhi untuk kasus kehilangan adalah laporan kehilangan dari Polda yang merujuk laporan dari polsek atau polres tempat kejadian perkara. Untuk keperluan klaim asuransi berkas yang dibutuhkan adalah: formulir klaim asuransi yang sudah diisi lengkap termasuk kronologis kejadian, data polis, fotocopy KTP, SIM, STNK, dan identitas pengemudi lain yang terlibat insiden, serta nomor telepon yang bisa dihubungi untuk keperluan sebagai saksi jika dibutuhkan untuk kasus kecelakaan, dan jika kasus kehilangan maka dibutuhkan laporan kepolisian dan surat blokir STNK.

3. Pahami bagaiman proses klaim anda ditangani oleh pihak asuransi

Pemahaman akan proses ini memudahkan anda dalam melakukan estimasi atau perhitungan kapan proses klaim anda bisa cair. Jika anda paham, maka anda bisa membantu pihak asuransi mempercepat proses pencairan klaim anda. Secara umum penanganan klaim asuransi kendaraan adalah sebagai berikut:

· Pengajuan Klaim

· Notifikasi Klaim

· Survei Klaim

· Inventarisasi Dokumen Klaim

· Penyerahan Dokumen Klaim pada Adjuster

· Penyesuaian Klaim oleh Adjuster

· Persetujuan Klaim

· Penyelesaian Klaim/Proses Pembayaran

Jika berkas anda lengkap, normalnya proses klaim anda akan cair dalam waktu 2 minggu sejak berkas klaim lengkap masuk ke maskapai asuransi.

4. Pahami dan hindari hal-hal yang berakibat ditolaknya klaim asuransi kendaraan anda
Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan klaim asuransi anda ditolak, yang utama diantaranya adalah:
· Polis asuransi atau SIM anda berakhir (expired) dan anda terlambat memperbarui saat kejadian berlangsung
· Pelanggaran lalu lintas saat kejadian misalnya anda menerobos lampu merah sehingga timbul kecelakaan
· Menerobos banjir sehingga timbul kerusakan mesin mobil
· Modifikasi komponen teknis kendaraan sehingga menjadi salah satu penyebab terjadi resiko kecelakaan
· Hati-hati saat menyerahkan kendaraan pada valet parking (pastikan klausul resiko kehilangan pada valet parking dikover dalam polis asuransi jika anda melakukan hal tersebut)
· Secara umum kasus penggelapan dan mengemudi dalam kondisi mabuk akibat minuman keras tidak dikover asuransi.

Ada baiknya jika anda membeli mobil secara tunai, anda tetap menjaga hubungan baik dengan sales mobil anda sehingga saat terjadi resiko maka sales mobil anda akan banyak membantu anda dalam proses pengurusan klaim asuransi kendaraan.

sumber: asuransi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>