Asuransi Sepeda Motor: Alasan Mengapa Anda Perlu Menggunakannya

asuransimotor_kecelakaan motor

Asuransi sepeda motor tersedia dalam dua pilihan yang bisa ditentukan sendiri oleh nasabah, yakni Total Lost Only dan All Risk. Masing-masing punya keunggulan dan kekurangan, namun demikian hendaknya nasabah harus bis menyesuaikan sesuai dengan kebutuhannya. Yuk pelajari lebih lanjut tentang asuransi kendaraan tersebut.

1. Asuransi Total Loss Only, Cocok Bagi Nasabah yang Menginginkan Proteksi dengan Premi Low Budget

Bagi anda yang ingin mendapatkan proteksi dengan anggaran terbatas (low budget) maka jenis asuransi ini bisa menjadi pilihan. Jenis asuransi sepeda motor ini mencakup kerusakan akibat kecelakaan parah dan tindak kejahatan pencurian maupun perampasan. Ingat, kasus penggelapan tidak masuk dalam proteksi asuransi ini. Jadi anda harus jeli dalam mempelajari ketentuan yang tertuang dalam polis asuransi. Pihak asuransi akan menutupi kerugian jika si pemilik menjadi korban tindak kejahatan dari orang-orang tak bertanggung jawab seperti pencurian dan perampasan.

Tak hanya itu saja, pihak asuransi juga akan mengganti biaya kerusakan akibat kecelakaan. Akan tetapi jumlah nominal yang ditanggung harus lebih dari 75% nilai sepeda motor. Jika di bawah angka persentase tersebut, biaya kerusakan enggan ditanggung dan sepenuhnya jadi tanggung jawab pemilik.

Pihak asuransi berhak menolak ganti rugi biaya kerusakan minor seperti goresen di bodi motor, lampu kaca pecah, spion hilang dicuri, ban bocor dan sebagainya. Meskipun demikian, Total Lost Only tetap menjadi pilihan tepat mengingat jumlah iuran tak memberatkan kantong.

2. Asuransi All Risk, Cocok Bagi Nasabah yang Ingin Mendapat Perlindungan Maksimal

Jenis asuransi sepeda motor ini memiliki cakupan lebih luas dan lengkap ketimbang Total Lost Only. Pemilik kendaraan memperoleh ganti rugi atas dampak bencana alam, kecelakaan, tindak kejahatan hingga kerusakan minor seperti lecet kecil di bodi motor. Tak hanya itu saja, nasabah juga dapat memperluas jaminan atas penyebab kerusakan sesuai keinginan pribadi. Pendek kata hampir semua risiko dilindungi oleh jenis asuransi ini kecuali dinyatakan masuk dalam pengecualian dalam polis asuransi kendaraan yang anda ambil.

Nah, sekarang anda tinggal menghitung budget dan kebutuhan proteksi anda? Apakah anda akan mengambil Total Lost Only atau All Risk. Jujur saja masing-masing punya keunggulan dan kekurangan, oleh karena itu nasabah harus cermat dalam menentukan jenis asuransi agar tidak salah pilih dan menyesal kemudian hari.

sumber: cermati.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>