Tidak Boros BBM Ketika Perjalanan Macet

Di tengah menghadapi jam-jam macet di daerah perkotaan yang padat kendaraannya, membuat pemandangan kemacetan di wilayah titik-titik tertentu menjadi hal yang wajar bagi penduduk kota.

Dilihat dari medan dari jalan yang sering mengalami kemacetan, biasanya kemacetan itu bukan hanya disebabkan karna jalannya yang kurang lebar, namun bisa juga dilihat struktur dari jalan itu sendiri seperti karna ada lubang, atau ada kendaraan yang depan jalannya pelan bisa buat macet jalan, atau ada mobil di depan yang diparkir di jalan rayanya yang tidak terlalu kepinggiran, dan juga karna hal lainnya bisa saja terjadi.

Dalam hal ini untuk wilayah Pemerintah Daerah DKI Jakarta sudah berusaha mengatur peta waktu penggunaan jalan raya. Contoh: di Jakarta, semua sekolah dianjurkan untuk dapat memajukan jadwal jam masuk semua sekolah lebih pagi lagi, dari biasanya jam 7 pagi.

Bingung mencari Asuransi kendaraan yang terbaik untuk dapat memenuhi semua kebutuhan perlindungan Anda silahkan klik ditulisan biru ini.

Maksud dari sharing pengalaman ini bisa membagi pengalaman mengenai akibat dari kemacetan berlalu lintas terhadap konsumsi BBM pada kendaran Anda. Dalam hal ini baik untuk mobil atau motor. Dalam kondisi macet, maka BBM banyak terbentuk lebih banyak waktu yang dibutuhkan untuk dinyalakan dan bahan bakar yang digunakan sepanjang kemacetan tersebut. Dari sini kita akan coba bahas, apakah pada saat-saat seperti itu konsumsi BBM boros atau tidak.

Sebaiknya kalau jalanannya macet sekali, untuk menghemat tenaga dan bensin, kita bisa mencoba mencari tempat untuk bisa parkir sekalian ngaso, dapat menhentikan kendaraan kita sebentar disana, sambil melihat situasi jalanannya sudah tidak macet, baru kita bisa lanjutkan perjalanan kita lagi.
Jadi semakin banyak berhenti dan jalan, kebutuhan bensin akan lebih banyak dibandingkan dengan keadaan jalan yang lancar.

Cara lain dengan mengubah kebiasaan lama dengan menggunakan kendaraan pribadi dengan kendaraan umum seperti bis, kereta lebih bisa hemat bensin dilihat dari sisi biaya pengeluaran yang dikeluarkan dan Anda tubuh anda bisa dalam posisi nyaman di dalamnya.

Supaya perjalanan tidak bermasalah dan nyaman, rencanakan rute perjalanan sebelum pergi, sebisa mungkin hindari jalan-jalan macet. Dengan bisa pantau beberapa media sosial yang memberitakan kondisi lalu lintas rute-rute yang akan dilewati atau aplikasi maps pada gadget.

Pilihlah waktu yang tepat. Kalau Anda hanya sekedar melakukan perjalanan rutin seperti ke kantor atau sekolah, pilihlah jam-jam tidak sibuk demi menghindari kemacetan lalu lintas. Soalnya saat mesin menyala dan mobil tidak bergerak cukup lama, malah bikin BBM mobil semakin boros.

Berkendara dengan menjaga akselerasi dan pengereman yang nggak perlu, ternyata. Soalnya saat hal tersebut dilakukan, membutuhkan lebih banyak BBM dibandingkan mobil melaju dengan konsisten. Jangan lupa jaga jarak yang baik dengan kendaraan di depan Anda.

Nah salah satu cara agar mobil lebih hemat BBM, khususnya untuk transmisi manual, selalu gunakan gigi yang lebih tinggi. Hal ini bisa menaikan kecepatan mobil, pilih gigi dengan putaran mesin paling rendah. Hal ini sanggup membakar lebih sedikit BBM, sekaligus mengurangi emisi.

Pantau tekanan angin ban mobil secara rutin. Jika tekanan angin kurang, bisa membuat mobil lebih boros bahan bakar. Dengan disesuaikan juga dengan ukuran ban standar bawaan pabrikan.

Penggunaan AC juga meningkatkan konsumsi BBM pada kecepatan rendah. Pada saat melaju dengan kecepatan lebih tinggi konsumsinya berkurang. Nah pastikan kondisi AC mobil Anda selalu dalam kondisi baik. Lakukan pemeriksaan secara rutin sesuai jadwal servis mobil Anda.

Saat melakukan perjalanan, baik dekat maupun jauh, sebaiknya bro-sis mengurangi penggunaan kelistrikan seperti penggunaan lampu eksterior dan interior.
Jangan lupa untuk selalu periksa dan merawat mesin mobil secara reguler. Pastikan menggunakan pelumas sesuai rekomendasi pabrikan.

Nah yang ini penting. Mematikan mesin mobil ketika sedang berada di kepadatan lalu lintas atau antrian lampu lalu lintas yang panjang. Memang ribet, tapi cara ini dapat menghemat BBM.

Menggunakan mobil secara cerdas dan berkendara hemat, nggak cuma membuat konsumsi bahan bakar semakin irit, tapi juga mengurangi ketergantungan terhadap cadangan minyak yang mulai menipis. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>