Cara Memaksimalkan Ruangan Dapur Yang Terbatas Luasnya

ruangan dapur

Kebutuhan akan dapur bagi setiap rumah tinggal adalah merupakan keharusan yang tidak bisa tidak harus ada di setiap rumah tangga dimana disinilah kebutuhan keluarga untuk makan dari memasak di dapur tersebut. Namun kurangnya kesadaran dari pemilik dapur untuk menata sedemikian rupa karna dari situlah orang bisa menilai kepribadian dari pemiliknya. Untuk ada cara-cara untuk membuat dapur Anda lebih nyaman dan indah.

Dalam menghadapi keberadaan dapur tiap rumah berbeda beda ukurannya, perlu disiasati dari dapur yang ruangannya kecil bisa terlihat luas dan indah dengan penataan benda-bendanya yang tepat. Hal ini terkadang menjadi masalah tersendri dan perlu dipikirkan dengan tepat untuk menyelesaikan permasalahannya.

Cara untuk terkesan luas dapurnya bisa digabungkan dengan dekat ruangan makan.
Memang untuk menyatukan ruang makan dengan dapur, kita memerlukan sedikit kerja keras untuk merawatnya, terlebih dapur tersebut digunakan untuk sehari-hari dan bukan sebagai penanggah (pantry). Cara seperti ini sudah mulai banyak diterapkan karena memang cocok bagi meraka yang memiliki lahan terbatas dan menginginkan kenyamanan di kegiatan dapur sehari-harinya.

Letak beradanya dapur, dapat kita buat sesuai dengan bentuk ruangan yang ada disekitarnya. Bentuknya bisa bujur sangkar, persegi panjang, dan bentuk tak beraturan dengan luas yang berbeda-beda, dengan semakin komplek bentuknya semakin menghasilkan suatu penataan yang unik dan indah di dalam ruangan dapur kita.

Tata letak dapur yang mungil dan unik dapat kita dapatkan dengan tata letak kompor, area makan, area cuci, dan araea lainnya yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, ada yang suka mencuci piring sambil memandang ke area luar sehingga tempat cuci piring ini dapat diletakkan dekat jendela. Hal ini juga dimaksudkan untuk mengurangi kelembaban pada area tersebut.

Kalau letak meja makan agak menepi, kursi yang menempel pada dinding dapat berbentuk sofa tanpa lengan (full upholstery), sedangkan kursi di hadapannya menggunakan kursi tunggal. Penggunaan sofa tanpa lengan ini membuat kesan lebih santai. Begitu juga dengan cara tata letak meja makan dapat Anda sesuaikan dengan selera. Jika ruangan yang tersedia cukup lebar, maka area meja makan yang ukurannya telah disesuaikan dengan luas ruangan dapat diletakkan di tengah.  Apabila ruangan berbentuk memanjang (empat persegi panjang), sebaiknya kursi dan meja diletakkan di pinggir atau dipilih yang menjadi satu dengan kitchen set nya.

 Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>