Cara Mengatasi Rumah Tanpa AC

Cara Mengatasi Rumah Tanpa AC

Letak Indonesia di khatulistiwa membuat negeri kita ketika  musim Panas terasa panas sekali.   Membuat banyak orang lebih memilih memasang pendingin udara atau air conditioner (AC) supaya ruangan lebih sejuk dan nyaman.
Hal tersebut bisa menyebabkan, pemakaian listrik bisa melonjak. Namun demikian ada banyak beredar AC dengan watt yang rendah. Seandainya Anda bisa mengurangi pemakaian listrik serta menghemat biaya dari yang semestinya dikeluarkan untuk membeli AC, kenapa tidak mencoba ini..

Berikut tips agar rumah Anda terasa lebih sejuk tanpa AC :

1. pakai kipas angin.
Dari pada pembayaran biaya listrik yang trus meningkat, mending dengan kipas angin, dapat mengurangi hawa panas.
Caranya siapkan 1 ember yang sedang kecil untuk es atau benda lain yang sama dinginnya dan taruh di depan sebuah kipas besar. Secara demikian, udara dingin yang dikeluarkan oleh es, bisa menluas di seluruh ruangan, karna kipas angin.
Selain itu, ubah atau pilih kipas angin yang berputar berlawanan dengan arah jarum jam. Percaya atau tidak, putaran yang berlawanan dengan arah jarum jam pada kecepatan yang lebih tinggi akan menghasilkan aliran udara yang menjadi lebih dingin.

2. Pakai Tirai.
Sumber panas di dalam ruangan bisa disebabkan dari cahaya matahari yang menembus jendela Anda. Memanfaatkan tirai atau gorden bisa mengurangi temperatur sampai 20 derajat.
Untuk jendela yang menghadap barat dan selatan. Kita perlu menutup tirai bisa mencegah rumah Anda lebih adem.

3. Ganti seprai dan sarung bantal Anda.
Dengan mengganti seprai Anda dan sarung bantal anda. Dengan bahan terbuat dari kapas memungkinkan kain “bernapas” lebih mudah dan menjaga permukaannya tetap dingin.

4. Perhatikan suhu tubuh Anda.
Dengan minuman dingin yang menyegarkan tubuh dari dalam atau tempelkan kain dingin pada area tubuh dengan denyut yang kuat, misalnya leher dan pergelangan tangan.

5. Pakai exhaust fan.
Untuk sekitar dapur dan kamar mandi, pasanglah exhaust fan. Benda ini bisa mengeluarkan udara panas yang naik setelah Anda memasak atau udara beruap saat mandi, keluar dari rumah Anda.

6. Biarkan udara malam masuk
Selama musim Panas suhu bisa turun pada malam hari. Jika ini terjadi di tempat tinggal Anda, manfaatkan sebagian besar waktu ini dengan membuka jendela sebelum Anda pergi tidur. Namun, pastikan untuk menutup jendela (dan tirai) sebelum terlalu panas di pagi hari.

7. Hindarkan lampu pijar.
lampu pijar mengonversi sekitar 90 persen dari total energi yang ada ke dalam panas saat memancar.  Oleh karna itu, dengan mengurangi penggunaan ampu pijar akan membuat perbedaan kecil dalam upaya mendinginkan rumah sambil menurunkan tagihan listrik Anda.

8. Jika Mengunakan alat pemanggang sebaiknya di luar rumah.
Jika menggunakan oven atau kompor di cuaca panas di dalam rumah, akan membuat rumah Anda lebih panas.  Oleh karna itu cobalah untuk memanggang masakan di halaman rumah.dengan demikian membawa suasana menyenangkan juga menikmati suasana yang berbeda saat memasak.

9. Dengan menanam pohon di halaman atau tanaman merambat di depan jendela.
Dengan menanam pohon di halaman atau tanaman merambat di depan jendela yang menghadap cahaya akan melindungi rumah dari sinar matahari.

Dengan mengunakan kaca film untuk jangka panjang jika komitmen tidak mengunakan AC, bisa menggunakan kaca film, misalnya, dimana cara kerja mereka sama dengan tirai menolak sinar matahari.
Cara ini efektif mengurangi jumlah panas rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>